Bursa Inggris dan Perancis Positif; Bursa Italia Tertekan Kondisi Politik

712

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa berakhir sebagian besar positif Senin malam (21/05). Bursa saham Perancis dan Inggris ditutup lebih tinggi dengan investor mencerna positif penundaan perang perdagangan AS-China.

Indeks FTSE 100 ditutup lebih 1 persen dan CAC 40 di Paris berakhir naik 0,4 persen. FTSE pertama mencapai rekor harian intraday yang tinggi pada hari Senin.

Sedangkan indeks utama Italia turun 1,5 persen karena berita politik. Pasar Jerman dan Eropa lainnya ditutup untuk liburan umum.

Sentimen pasar didorong oleh berita perdagangan dan peristiwa politik di Italia. Kekhawatiran atas perang dagang antara AS dan China berkurang setelah komentar dari Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin bahwa kedua negara menunda perang dagang sambil mereka berusaha mencapai kompromi. Di Wall Street, saham diperdagangkan naik tajam di tengah pengentasan ketegangan perdagangan.

Ketidakstabilan politik di Italia tampaknya akan berakhir dengan perjanjian pembagian kekuasaan antara Gerakan Bintang Lima sayap kiri dan Lega sayap kanan. Kedua pihak akan mempresentasikan kesepakatan mereka kepada presiden negara itu pada hari Senin. Namun, pemerintahan seperti itu dapat meningkatkan kekhawatiran di zona Eropa karena rencana pengeluaran yang lebih tinggi. Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire memperingatkan Minggu bahwa Roma perlu menghormati aturan belanja Eropa, menurut Financial Times.

Dalam laporan pendapatan, Ryanair melaporkan kenaikan 10 persen dalam laba setahun penuh setelah pajak. Perusahaan mengulangi kekhawatiran Brexit dan melaporkan pandangan pesimistis untuk 2019. Saham diperdagangkan lebih rendah selama transaksi awal, tetapi naik lebih dari 5 persen di kemudian hari.

Altice adalah salah satu pemain terburuk, turun lebih dari 7 persen, setelah MSCI menghapusnya dari indeks standar global, efektif pada 22 Mei, lapor Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif mengikuti bursa Wall Street yang naik setelah perang dagang AS-China ditunda. Namun jika ketidakpastian politik di Italia masih terjadi, dapat menekan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here