Dolar AS Retreat Setelah Kenaikan Berturut 6 Hari

817

(Vibiznews – Forex) Dolar AS retreat pada akhir perdagangan Rabu dinihari (23/05) setelah enam hari berturut-turut kenaikan, karena penurunan imbal hasil Treasury AS dan investor mencari insentif baru untuk membeli mata uang setelah rally hampir 7 persen sejak pertengahan Februari.

Kenaikan baru-baru ini dolar AS telah didukung oleh data ekonomi AS yang umumnya optimis yang telah membuat Federal Reserve di jalur untuk menaikkan suku bunga setidaknya dua kali lagi tahun ini. Sebaliknya, bank-bank sentral utama lainnya seperti Bank of Japan dan European Central Bank tidak dalam mode pengetatan.

Perbedaan tersebut mengacu pada perbedaan dalam kebijakan moneter antara Fed dan bank sentral lainnya, yang telah menjadi pendorong utama bagi dolar.

Pada akhir perdagangan, indeks dolar turun 0,11 persen pada 93,57, setelah mencapai tertinggi lima bulan pada hari Senin. Indeks yang mengukur dolar terhadap sekeranjang mata uang, berada di jalur untuk kerugian harian terbesar dalam dua minggu.

Dolar AS didukung pada hari Senin pada tanda-tanda bahwa Amerika Serikat dan China sedang membuat kemajuan untuk menyelesaikan konflik perdagangan mereka. Pada hari Selasa, China mengatakan akan memotong tarif impor untuk mobil, membuka akses yang lebih besar ke pasar mobil terbesar dunia, dalam tanda lebih lanjut mengurangi ketegangan perdagangan.

Imbal hasil 10-tahun AS masih diperdagangkan di atas 3 persen pada hari Selasa. Investor sekarang mencari rilis pada Rabu dari risalah Fed dari pertemuan terbaru dan analis mengatakan mungkin ada nada inflasi.

Dalam pasangan mata uang lainnya, euro merosot 0,08 persen terhadap dolar menjadi $ 1,178 di tengah ketidakpastian politik di Italia.

Gerakan 5-Star anti-pembentukan negara dan Liga sayap-jauh pada hari Senin mengusulkan Giuseppe Conte sebagai perdana menteri untuk memimpin pemerintahan koalisi mereka.

Sementara itu Dolar AS tergelincir 0,14 persen terhadap yen menjadi 110,88 yen, setelah menyentuh puncak empat bulan pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang dolar AS akan bergerak lemah dengan meningkatnya lagi indikasi perang dagang AS-China sehubungan ketidakpuasan Trump terkait pertemuan dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here