Nikkei 225 Anjlok 1,4 Persen Dipimpin Sektor Perbankan Dan Logam

572

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia dibuka turun tajam imbas aksi jual di Bursa AS dan tekanan politik dari Italia yang dikuatirkan akan berdampak pada zona ekonomi Eropa

Indeks Nikkei 225 turun 1,4 persen di Tokyo, ditekan kinerja buruk dari sektor perbankan dan sektor logam. Indeks Topix turun 1,29 persen karena 32 dari 33 subindeks yang diperdagangkan bergerak lebih rendah.

Kospi tergelincir 1,58 persen, imbas merosotnya harga saham penghasil barang-barang elektronik dunia seperti Samsung Electronics dan Posco yang merosot 1,56 persen dan 2,72 persen, masing-masing.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,07 persen dan, di daratan, komposit Shanghai kehilangan 1,35 persen.

Di Sydney, indeks S & P / ASX 200 turun tipis 0,45 persen dipimpin sector keuangan yang bergerak lebih rendah, tetapi keuntungan terlihat di produsen emas dan nama utilitas.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang mundur, turun 1,07 persen di perdagangan Asia pagi.

Pasar Eropa juga melemah di sesi terakhir, dengan FTSE MIB Italia jatuh 2.65 persen.

Euro diperdagangkan pada $ 1,1537 pada 09:31 HK / SIN, yang berada di bawah level $ 1.16 terlihat di sesi sebelumnya. Indeks dolar, yang melacak dollar terhadap beberapa mata uang utama, sedikit berubah pada 94,836.

Hasil Treasury 10-tahun AS tergelincir di bawah tingkat 2,8 persen karena investor beralih ke aset safe-haven. Harga obligasi bergerak terbalik terhadap imbal hasil.

Pada komoditas depan, minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate tergelincir 0,42 persen diperdagangkan pada $ 66,45 per barel setelah menetap 1,7 persen lebih rendah pada minyak mentah berjangka Selasa. Brent turun 0,69 persen pada $ 74,87. Harga minyak telah datang di bawah tekanan menyusul berita pekan lalu bahwa Saudi Arab dan Rusia telah meningkatkan produksi.

Para pengambil keputusan Bank sentral Indonesia akan bertemu pada Rabu setelah melihat sedikit keberhasilan dengan upaya terakhir untuk menopang rupiah Indonesia. Sebagian besar analis yang disurvei oleh Reuters mengharapkan Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga utama sebesar 25 basis poin.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here