Pan-Eropa Stoxx 600 Naik Dipimpin Perbankan, Spanyol Dipimpin PM Baru

824

(Vibiznews – Index) – Pasar Eropa rally Jumat pagi setelah pihak Italia dihindari prospek pemilihan sela, meskipun kekhawatiran baru dari konflik perdagangan global muncul untuk membatasi keuntungan.

Pan-Eropa Stoxx 600 naik di atas 1 persen selama penawaran pertengahan sesi, dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah Eropa berada positif.

Di antara indeks nasional, Italia FTSE MIB melambung 2,6 persen Jumat setelah Presiden Sergio Mattarella menyetujui kesepakatan koalisi partai-partai populis negara. Ekonomi terbesar ketiga zona euro, yang telah bertahan selama bulan ketidakpastian politik, telah mengirimkan pasar keuangan global terguncang sebelumnya selama satu minggu.

Indeks perbankan Eropa memimpin kenaikan, naik lebih dari 2 persen. Banco BPM dan Ubi Banca adalah pemain papan atas, naik lebih dari 6 persen lebih tinggi .

Dari pergerakan saham individu, Elior Grup melonjak ke puncak setelah Credit Suisse upgrade rekomendasi sahamnya untuk “outperform.” Saham perusahaan katering Perancis ini naik 6 persen lebih tinggi.

Pembuat peralatan terapi radiasi Swedia Elekta merosot setelah melaporkan laba kuartal keempat yang lemah dari perkiraan. Saham perusahaan itu telah turun hampir 4 persen.

Di Asia, bursa saham naik lebih tinggi setelah data ekonomi regional lebih kuat dari yang diantisipasi. Indeks MSCI Asia Pasifik, tidak termasuk Jepang, naik 0,1 persen Jumat.

Kembali di Eropa, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy digulingkan sebagai pemimpin negara pada hari Jumat. Incumbent digantikan oleh pemimpin Partai Sosialis Pedro Sanchez, setelah anggota parlemen oposisi mendukung mosi tidak percaya terhadap incumbent.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here