Bursa Eropa Ditutup Naik; AccorHotels Berencana Membeli KLM

807

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada Senin malam (04/06), merespon prospek merger dan akuisisi beberapa perusahaan.

Indeks FTSE berakhir pada 7741.29, naik 39,52 poin atau 0,51%

Indeks DAX berakhir pada 12770.75, naik 46,48 poin atau 0,37%

Indeks CAC berakhir pada 5472.91, naik 7.38 poin atau 0.14%

Indeks Stoxx 600 ditutup naik 0,3 persen, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Saham utilitas Eropa memimpin kenaikan pada Senin, naik 1,4 persen. Italgas, Pennon Group dan Iberdrola termasuk di antara pemain sektoral teratas, semuanya berdagang sekitar 3 persen lebih tinggi.

Sementara itu, indeks perbankan di kawasan itu juga diperdagangkan lebih tinggi setelah satu minggu gejolak politik di Italia dan Spanyol. Financial Times melaporkan bank Prancis Societe Generale dan rivalnya Unicredit Italia sedang menjajaki kemungkinan merger. Saham Societe Generale naik lebih dari 1 persen sementara harga saham Unicredit turun 1 persen.

Melihat saham individu, maskapai penerbangan Prancis Air France-KLM melonjak di dekat bagian atas patokan Eropa setelah AccorHotels mengatakan Minggu itu sedang mengkaji apakah akan membeli saham di perusahaan. AccorHotels dilaporkan mengatakan sebelumnya telah mengadakan diskusi dengan Air France tentang kemungkinan untuk mengembangkan proyek bersama. Saham Air France naik hampir 5,5 persen, sementara AccorHotel merosot ke bagian bawah indeks – turun hampir 7 persen.

Sementara itu di Inggris, Clydesdale dan Yorkshire Bank (CYBG) mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah menaikkan tawaran untuk bank saingannya Virgin Money. Kesepakatan itu akan menciptakan pemberi pinjaman terbesar keenam di Inggris. Batas waktu pengambilalihan panel untuk kesepakatan adalah jam 5 sore waktu London Senin sore.

Di Uni Eropa, Slovenia, hasil awal menunjukkan bahwa sebuah partai anti-imigrasi telah memenangkan pemilihan parlemen yang berlangsung hari Minggu.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi Market Services PMI Mei zona Eropa yang diindikasikan melemah dan Retail Sales April zona Eropa yang diindikasikan menguat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mixed seiring mixednya indikasi data ekonomi zona Eropa, kecuali ada sentimen kuat yang dapat menggerakkan lebih dalam bagi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here