Piala Dunia 2018 Dimulai; Akankah Mendukung Ekonomi Rusia?

1386

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden Rusia Vladimir Putin berharap bahwa perhelatan sepak bola Piala Dunia, yang dimulai pada hari Kamis ini akan menempatkan negaranya menjadi sorotan internasional, yang diharapkan membawa dorongan ekonomi.

Rusia akan menjadi tuan rumah acara terbesar sepakbola dunia dari 14 Juni hingga 15 Juli, dengan turnamen yang diadakan di beberapa kota termasuk Moskow, St. Petersburg dan Sochi. Ini adalah pertama kalinya bahwa Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia, dan dilaporkan menghabiskan lebih dari $ 14 miliar untuk menjadi tuan rumah turnamen ini, yang termahal dalam sejarahnya.

Rusia akan memulai turnamen pada Kamis berhadapan dengan Arab Saudi.

Moody Investor Service mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan bulan lalu yang menganalisis pengeluaran dan keuntungan yang diproyeksikan dari turnamen tersebut, menyatakan bahwa Rusia hanya akan mengalami manfaat ekonomi singkat dari menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia 2018 ini.

Sebagian besar dampak ekonomi telah dirasakan melalui belanja infrastruktur, dan bahkan ada dampaknya yang terbatas. Investasi terkait Piala Dunia pada 2013-17 hanya menyumbang 1 persen dari total investasi, Moody menambahkan.

Laporan media Rusia menyatakan bahwa Rusia akan menghabiskan total 883 miliar rubel ($ 14,2 miliar) untuk menyelenggarakan acara tersebut. Ini jauh lebih dari biaya resmi 683 miliar rubel ($ 11 miliar) dengan infrastruktur transportasi ($ 6,11 miliar), pembangunan stadion ($ 3,45 miliar) dan akomodasi ($ 680 juta) menjadi barang paling mahal, menurut Moscow Times pekan lalu.

Ia menambahkan bahwa anggaran resmi untuk turnamen telah diubah 12 kali sejak Rusia memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala pada tahun 2010.

Kesembilan kota di Rusia yang menjadi tuan rumah pertandingan telah melihat peningkatan dalam transportasi dan infrastruktur tetapi itu telah menghabiskan biaya.

Untuk wilayah Rusia, infrastruktur baru akan menghasilkan pendapatan pajak tambahan dan mengurangi belanja modal di masa depan, kata Moody. Tetapi belanja Piala Dunia telah berdampak negatif terhadap keuangan pemerintah di wilayah lain, seperti kota St. Petersburg dan wilayah Oblast Samara.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa belanja infrastruktur harus dibayar dan stadion itu tidak diizinkan menjadi “pasar loak” setelah turnamen berakhir.

Penyelenggara Piala Dunia mengharapkan 570.000 penggemar asing dan 700.000 warga Rusia untuk menghadiri pertandingan Piala Dunia di Rusia, meningkatkan sektor pariwisata, mulai dari hotel hingga restoran, meskipun untuk jangka pendek.

Moody menyatakan bandara di Moskow adalah salah satu penerima manfaat utama di sektor transportasi karena fasilitas yang ditingkatkan akan mendukung arus penumpang yang lebih tinggi, bahkan setelah peristiwa itu.

Kota-kota paling terkenal di Rusia, Moskow dan St. Petersburg adalah pusat-pusat penggemar utama dan yang terakhir diperkirakan akan menampung 400.000 pengunjung selama Piala Dunia. Kota-kota ini juga merupakan pusat utama bagi wisatawan. Perusahaan riset pasar Euromonitor percaya bahwa Piala Dunia dapat menempatkan Rusia di peta untuk lebih banyak turis setelah turnamen berakhir.

“Jumlah kedatangan masuk di Rusia diperkirakan akan mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 4 persen pada 2022, mencapai 37,5 juta perjalanan,” kata manajer industri olahraga Euromonitor Alan Rownan dalam sebuah catatan pada Selasa, seperti yang dilansir CNBC. Euromonitor memperkirakan peningkatan 1,4 persen dalam jumlah total kedatangan ke Rusia pada 2018, sebagai hasil langsung dari penyelenggaraan acara olahraga besar.

“Namun, faktor negatif, seperti kurangnya fasilitas akomodasi tingkat menengah, masalah keamanan, biaya kunjungan yang relatif tinggi dan peraturan visa yang memberatkan bagi pemegang non-tiket akan berdampak pada arus wisatawan yang masuk,” tambahnya.

“Selain itu, ketegangan politik baru-baru ini antara Rusia dan Inggris juga cenderung melemahkan arus wisatawan dari yang terakhir.”

Rusia masih berada di bawah sanksi ekonomi yang diberlakukan oleh AS, Uni Eropa, dan beberapa negara lain menyusul aneksasi Crimea pada 2014 dan perannya dalam pemberontakan pro-Rusia di timur Ukraina pada tahun yang sama.

Tuduhan Kremlin yang ikut campur dalam pemilihan AS tahun 2016 dan dugaan keterlibatan dalam serangan agen saraf terhadap mantan mata-mata Rusia di Inggris telah menempatkan ketegangan lebih lanjut pada hubungan dengan Barat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here