Pasar Asia Tergelincir, Nikkei Turun Beberapa Bursa Utama Libur

684

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia tergelincir pada hari Senin karena investor mencerna eskalasi ketegangan perdagangan antara AS dan China setelah kedua negara mengumumkan tarif baru pada minggu lalu.

Nikkei 225 Jepang turun 0,53 persen, dengan sebagian besar sektor perdagangan bergerak lebih rendah. Topix meluncur 3,13 persen. Pembuat baja turun 2,17 persen dan saham pertambangan turun 2,48 persen.

Saham perusahaan raksasa Samsung Electronics turun 1,68 persen,

Perusahaan pertambangan Rio Tinto dan BHP turun lebih dari 2 persen, sementara saham-saham perbankan meningkat tipis.

Pasar di China, Hong Kong, Taiwan dan Indonesia ditutup pada hari Senin untuk liburan.

Perdagangan adalah hal yang baik untuk menjadi pusat perhatian untuk investasi setelah pemerintah AS mengenakan tarif 25 persen pada daftar 818 barang barang China senilai sekitar $ 34 miliar, efektif mulai 6 Juli. Tariff yang akan mempengaruhi 284 produk tambahan senilai $ 16 miliar akan ditinjau kembali sebelum diterapkan.

Sebagai tanggapan, Cina akan mengenakan balik tarif 25 persen diterapkan pada barang-barang AS, termasuk kedelai dan kendaraan listrik, senilai $ 34 miliar mulai 6 Juli. Daftar impor AS lainnya senilai $ 16 miliar akan ditinjau kembali sebelum diterapkan.

Rata-rata industri Dow Jones tergelincir 0,34 persen, atau 84,83 poin, menjadi ditutup pada 25.090,48, setelah kehilangan sebanyak 280,93 poin sebelumnya.

Di sisi energi, harga minyak memperpanjang kerugian setelah merosot di sesi terakhir lalu. Penurunan juga datang di tengah kegelisahan perdagangan, karena produk energi ada dalam daftar barang tambahan AS yang yang akan dikenakan tariff baru di kemudian hari.

Minyak mentah brent berjangka turun 0,48 persen menjadi diperdagangkan pada $ 73,09 per barel setelah menetap lebih dari 3 persen pada hari Jumat, sementara minyak mentah AS turun 1,15 persen menjadi $ 64,31.

Dalam valuta asing, indeks dolar, yang melacak dolar terhadap sekeranjang mata uang, terakhir berada di 94,853. Terhadap yen, dolar diperdagangkan pada 110,63 pada 8:14 pagi HK / SIN.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here