Bursa Eropa Dibuka Lebih Baik, Didukung Sektor Perbankan Dan Retail

568

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada hari Rabu tetapi rebound moderat gagal menghapus kerugian sesi sebelumnya karena ketakutan investor tentang perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dan China berlarut-larut.

Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,6 persen pada pkl 08:30 GMT dengan kenaikan yang tersebar di bursa-bursa saham di kawasan Eropa.

Sektor perbankan memegang peranan terbanyak, dengan Spanyol Banco Santander (SAN.MC) dan Italia UniCredit (CRDI.MI) naik 2,5 persen dan 3 persen ditengah-tengah perjanjian Franco-Jerman untuk lebih berintegrasi di zona Euro.

Saham Colruyt (COLR.BR) membukukan kinerja terbaik dengan harga saham yang naik lebih dari 10 persen, setelah kelompok supermarket melaporkan keuntungan tahunan di atas ekspektasi dan Barclays menaikkan target harga dari 38 euro menjadi 41 euro untuk saham.

Sektor yang kedua datang dari perusahaan periklanan Prancis JCDecaux (JCDX.PA) yang harga sahamnya melonjak sekitar 8 persen setelah mengajukan penawaran yang tidak mengikat untuk APN Outdoor Group Australia (APO.AX).

Maersk (MAERSKb.CO) Denmark naik sekitar 3 persen setelah mengumumkan Chief Finance Officer yang baru.

Saham Berkeley (BKGH.L) adalah saham dengan penurunan terbesar, turun 4 persen setelah merilis hasil setahun penuh. Perusahaan yang bergerak di sektor properti, asal UK melaporkan penurunan 30 persen laba sebelum pajak tahun ini setelah memberikan yang lebih baik dari perkiraan “puncak” kinerja di 2017/18.

Pembuat cognac Perancis Remy Cointreau (RCOP.PA) juga turun 2,6 persen karena Société Generale menurunkan peringkat saham, dengan alasan bahwa “terlalu banyak berita baik” sudah dihargai.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here