Bursa Asia Bergerak Hati-Hati, Bursa Tiongkok Jatuh 3,7 Persen

678

(Vibiznews – Index) – Saham Asia mengawali minggu ini dengan awal yang hati-hati pada Senin di tengah kekhawatiran yang masih ada tentang meningkatnya friksi perdagangan sementara harga minyak AS mempertahankan kenaikan besar yang dilakukan setelah produsen minyak utama telah menyetujui peningkatan produksi yang moderat.

S & P 500 mini futures ESc 1 turun sebanyak 0,5 persen pada awal perdagangan sementara indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,2 persen, Nikkei Jepang, N 225 kehilangan 0,4 persen.

Penurunan itu dipicu oleh laporan dari Wall Street Journal bahwa Presiden AS Donald Trump berencana untuk melarang banyak perusahaan Cina berinvestasi di perusahaan teknologi AS dan memblokir ekspor teknologi tambahan ke China.

Indeks saham MSCI di seluruh dunia telah jatuh lima dari enam minggu terakhir, termasuk minggu lalu, ketika turun satu persen – penurunan mingguan terbesar dalam tiga bulan karena ancaman perang perdagangan telah menjadi semakin nyata.

Saham China MICN berada di antara pecundang terbesar, jatuh 3,7 persen pekan lalu, karena Trump, mengancam Beijing untuk mencapai $ 200 miliar impor Cina dengan tarif 10 persen.

Pengurangan cadangan, yang ketiga oleh bank sentral tahun ini, telah banyak diantisipasi oleh investor dan bertujuan untuk mempercepat laju debt-for-equity swaps dan memacu pinjaman kepada perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.

Korban utama lainnya adalah indeks saham pembuat mobil, merosot 4,7 persen pekan lalu.

Trump mengancam akan memberlakukan tarif 20 persen pada hari Jumat atas semua impor mobil yang dirakit di Uni Eropa, sebulan setelah pemerintahannya meluncurkan penyelidikan apakah impor otomotif merupakan ancaman keamanan nasional.

Seorang pejabat senior Komisi Eropa mengatakan pada hari Sabtu bahwa Uni Eropa akan menanggapi setiap langkah AS untuk menaikkan tarif pada mobil yang dibuat di blok tersebut.

Investor dan pedagang khawatir bahwa ancaman tarif AS yang lebih tinggi dan tindakan pembalasan oleh pihak lain dapat menggagalkan periode pertumbuhan global.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here