Bursa Eropa Berakhir Turun Tertekan Kekuatiran Perang Dagang

653

(Vibiznews – Index) Bursa Saham di Eropa ditutup lebih rendah pada Kamis malam (28/06) karena berlanjutnya kekhawatiran atas perang perdagangan global dan menurunnya kepercayaan konsumen zona Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup turun sekitar 0,9 persen dengan hampir semua sektor dan bursa utama di zona merah. Saham teknologi adalah yang terburuk yang menutup 2,64 persen.

Indeks FTSE berakhir pada 7615.63, turun -6.06 poin atau -0.08%

Indeks DAX berakhir pada 12177.23, turun -171.38 poin atau -1.39%

Indeks CAC berakhir pada 5275.64, turun -51.56 poin atau -0.97%

Dalam berita saham individu, Daily Mail melonjak 6,2 persen menjadi pemain terbaik di pasar Eropa yang lebih besar. Ini setelah peringkat ditingkatkan oleh Berenberg. H & M naik 1,9 persen pada hari Kamis setelah mengumumkan akan memotong harga untuk membantu dengan barang yang tidak terjual. Pengecer Swedia telah berjuang selama dua tahun terakhir.

Saham lain yang semakin tinggi pada indeks adalah Imperial Brands yang terdaftar di Inggris, yang mengumumkan akan berinvestasi dalam penelitian medis berbasis kanabis. Pembuat rokok melihat saham naik 2,8 persen setelah mengatakan pihaknya mengambil saham di Oxford Cannabinoid Technologies.

BAE Systems mengungkapkan telah memenangkan kontrak senilai 20 miliar dolar untuk membantu meningkatkan angkatan laut Australia. Program 30 tahun akan melihat Inggris membangun sembilan frigat baru untuk Royal Australian Navy.

Kekuatiran ketegangan perdagangan terus membebani sentimen pasar. Pengelola uang mencerna berita posisi AS terbaru tentang investasi asing. Pemerintah AS mengatakan pada hari Rabu akan menggunakan Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) untuk mengatasi kekhawatiran atas akuisisi asing teknologi AS.

Sementara itu, di Jerman, Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer mengatakan dia tidak berusaha untuk membantah Kanselir Angela Merkel dan bahwa dia optimis mereka akan mengatasi kebuntuan yang sedang berlangsung atas migrasi. Para pemimpin Eropa akan berkumpul Kamis dan Jumat di Brussels untuk membahas migrasi, tetapi juga Brexit dan reformasi euro.

Dalam berita perusahaan, Thyssenkrupp dan Tata Steel hampir mencapai kesepakatan $ 17,4 miliar minggu ini untuk menggabungkan aset Eropa mereka, menurut laporan Reuters.

Dalam hal data, angka kepercayaan konsumen di zona Eropa menunjukkan sedikit penurunan pada bulan Juni dari bulan sebelumnya. Sementara itu, angka Jerman menunjukkan bahwa sentimen konsumen dalam ekonomi Eropa tetap tidak berubah memasuki Juli.

Sore nanti akan dirilis data Inflation Rate Zona Eropa bulan Juni yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi lemah jika kekuatiran perang dagang berlanjut data Inflation Rate zona Eropa terealisir menurun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here