Bursa saham Eropa Dibuka Melemah Tajam

623

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa dibuka melemah tajam Senin pagi karena investor mempertanyakan stabilitas pemerintahan dan perdagangan yang lebih luas menyangkut Jerman dan antara Uni Eropa dan AS

Stoxx 600 pan-Eropa turun 0,6 persen dengan setiap sektor memerah.

Pelaku pasar menyusul berita bahwa menteri dalam negeri Jerman telah menawarkan untuk mengundurkan diri karena perbedaan dengan Kanselir Angela Merkel untuk masalah migrasi. Horst Seehofer, juga pemimpin adik partai CDU (Uni Demokratik Kristen) Merkel, adalah pemain kunci dalam pemerintah Jerman saat ini dan potensi penarikannya dapat membahayakan masa depan Merkel sebagai kanselir.

Uni Eropa telah mengancam untuk menerapkan tarif balasan baru senilai $ 300 miliar jika AS bergerak maju dengan tarif atas mobil Eropa, Financial Times melaporkan. Selanjutnya, Gedung Putih telah menyiapkan RUU yang memungkinkan untuk secara sepihak meningkatkan tarif tanpa persetujuan Kongres.

Investor juga akan memantau rilis data baru, dengan PMI manufaktur di zona euro, anjlok pada pukul 09:00 waktu London dan angka pengangguran jatuh tempo pada 10:00 waktu London.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here