Bursa Eropa Berakhir Naik; Saham Otomotif Memimpin Kenaikan

624

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi Kamis malam (05/07) dengan meredanya ketegangan perdagangan AS mendorong kenaikan saham terkait.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,4 persen, meskipun telah diperdagangkan lebih tinggi pada hari sebelumnya. Semua bursa utama berada di wilayah positif dengan DAX Jerman memimpin, menyelesaikan perdagangan naik 1,2 persen. Indeks FTSE Inggris juga berakhir naik 0,40 persen, indeks CAC Perancis berakhir 0,86 persen.

Saham otomotif memimpin kenaikan, menutup 3,4 persen di tengah berita bahwa pembuat mobil Jerman sekarang siap untuk mendukung penghapusan tarif Uni Eropa pada mobil yang diimpor dari AS. Duta besar AS untuk Jerman dilaporkan mengatakan kepada eksekutif mobil Jerman bahwa Presiden Donald Trump akan menangguhkan pengenaan tarif pada otomotif yang diimpor dari UE jika blok tersebut juga membatalkan tarif atas mobil AS.

Berita itu muncul setelah presiden AS mengatakan bulan lalu bahwa ia ingin memberlakukan tarif impor 20 persen pada semua kendaraan yang dirakit Uni Eropa. Saham Daimler, BMW dan Volkswagen – yang semua bosnya dilaporkan telah bertemu dengan Duta Besar Richard Grenell pada hari Rabu – semua ditutup sekitar 4 persen lebih tinggi pada Kamis sore.

Sementara itu, sumber daya dasar, bahan kimia dan teknologi semua sektor naik lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan hari itu.

Melihat saham individu, Sodexo Perancis melaporkan pertumbuhan penjualan lebih lambat dari perkiraan pada kuartal ketiga, di tengah kelemahan yang sedang berlangsung dalam bisnis Amerika Utara. Meskipun demikian, kelompok layanan makanan dan fasilitas manajemen ini mencapai target pasar setahun penuh yang baru untuk pertumbuhan dan marjin penjualan. Sahamnya ditutup 8,7 persen lebih tinggi.

Sementara itu, SBM Offshore merosot ke dasar patokan Eropa Kamis setelah pengadilan Brasil memerintahkan Petrobras untuk sementara menahan sebagian pembayarannya kepada perusahaan rekayasa kelautan Belanda. Pengadilan mengeluarkan permintaan untuk memastikan SBM Offshore membayar hukuman apa pun yang mungkin diterimanya dari kasus korupsi terpisah. Saham-saham dari saham yang terdaftar di Amsterdam diperdagangkan 7,2 persen lebih rendah pada akhir hari.

Fokus pasar sebagian besar tertuju pada rangkaian perdagangan AS-Cina yang sedang berlangsung, dengan investor khawatir perselisihan bisa segera menggagalkan pertumbuhan global. Washington telah mengatakan siap untuk menerapkan tarif pada $ 34 miliar impor China pada 6 Juli, dengan Beijing kemudian diperkirakan akan merespon dengan tuduhan atas barang-barang buatan AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik dengan kesepakatan tidak dikenakannya tarif impor mobil AS dan Eropa. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang akan mencermati data tenaga kerja yang akan dirilis malam nanti.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here