Bursa Asia Akhir Pekan Mixed; Indeks Shanghai Retreat

1053

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia ditutup mixed pada pada akhir pekan Jumat sore (13/07), terbantu rebound Wall Street dan meredanya ketegangan perdagangan antara AS dan China.

Indeks Nikkei 225 melompat 1,85 persen, atau 409,39 poin, menjadi ditutup pada 22.597,35 karena saham memperpanjang kenaikan hari Kamis, dengan yen melemah pada hari itu. Sektor jasa memimpin kenaikan luas pada indeks, dengan peralatan listrik dan sektor tekstil juga naik lebih dari 1 persen. Di antara indeks kapital besar, Fast Retailing naik 6,95 persen setelah membukukan laba yang kuat semalam sementara Fanuc naik 1,94 persen.

Di Hong Kong, Indeks Hang Seng naik tipis 0,16 persen pada 28525.44, dengan barang-barang konsumsi dan jasa berkontribusi terhadap keuntungan keseluruhan sebelum pasar tutup.

Indeks daratan menyelesaikan sesi Jumat mixed, dengan indeks komposit Shanghai tergelincir 0,22 persen menjadi 2,831.55 tetapi indeks komposit Shenzhen menambahkan 0,46 persen menjadi berakhir pada 1,604.45.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 1,13 persen menjadi ditutup pada 2,310.90 karena teknologi dan bank mencatat keuntungan.

Sedang saham Australia, indeks ASX 200 mengakhiri hari flat di 6.268,40.

Pemulihan yang diperpanjang Jumat di pasar juga mengikuti ketenangan relatif di perdagangan dalam semalam, dengan kementerian perdagangan China mengatakan Kamis bahwa China belum berhubungan dengan AS tentang memulai kembali pembicaraan perdagangan, menurut Reuters.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan Kamis bahwa pembicaraan bilateral tentang perdagangan dapat dilanjutkan dengan syarat bahwa China terbuka untuk melakukan “upaya serius” untuk berubah, kata kantor berita itu.

Pijakan yang kuat di pasar Asia datang setelah saham AS rebound pada Kamis, didorong oleh lonjakan di sektor teknologi karena investor mengalihkan perhatian mereka sekali lagi ke musim laba. Indeks Komposit Nasdaq naik 1,39 persen menjadi berakhir pada 7,823.92, mencatat kenaikan satu hari terbesar sejak 1 Juni. Indeks AS lainnya juga mencatat kenaikan.

Di sisi ekonomi, ekspor China dalam dolar naik 11,3 persen pada Juni, dibandingkan dengan satu tahun lalu, sedikit mengalahkan ekspektasi, kata Reuters. Impor dalam denominasi dolar naik 14,1 persen, meleset dari perkiraan kenaikan 20,8 persen.

Dari catatan, surplus perdagangan China dengan AS tumbuh menjadi $ 28.97 milyar bulan lalu. Surplus baru ini merupakan rekor tertinggi, menurut perhitungan Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan bursa Asia selanjutnya akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang berpotensi naik jika data Consumer Sentiment AS Juli terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here