Inflasi Juni Inggris Masih Dibawah Perkiraan

684

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi Inggris dibawah perkiraan pada bulan lalu, mengganggu kepercayaan pasar tentang kenaikan suku bunga Bank of England bulan depan dan mengirim sterling ke level terendah 10 bulan terhadap dolar.

Pound jatuh menuju $ 1,30 dan imbal hasil obligasi pemerintah Inggris 10-tahun jatuh ke level terendahnya sejak akhir Mei menyusul data, yang juga menunjukkan pelemahan dalam ukuran inflasi yang mendasarinya.

Meskipun harga bahan bakar naik ke tertinggi sejak September 2014, inflasi harga konsumen tahunan tetap stabil pada bulan Juni di 2,4 persen, Kantor Statistik Nasional mengatakan (ONS), Rabu (18/07).

Angka itu berada di bagian bawah perkiraan dalam jajak pendapat ekonom Reuters yang rata-rata mengharapkan untuk melihat peningkatan pertama tahun ini, menjadi 2,6 persen.

Inflasi harga konsumen inti, yang menurunkan harga energi, makanan, alkohol dan tembakau, turun menjadi 1,9 persen dari 2,1 persen pada Mei – di bawah semua perkiraan dalam jajak pendapat Reuters dan pembacaan terlemah sejak Maret 2017.

ONS melaporkan penurunan bulan-ke-bulan terbesar untuk periode Mei hingga Juni di harga pakaian sejak 2012 karena pengecer memangkas harga untuk penjualan musim panas.

Pada data Selasa menunjukkan upah pekerja Inggris naik pada tingkat paling lambat dalam enam bulan selama tiga bulan hingga Mei meskipun ada catatan jumlah orang dalam pekerjaan, menantang BoE karena mempertimbangkan menaikkan suku bunga bulan depan.

Tetapi sebuah jajak pendapat Reuters dari para ekonom yang dipublikasikan pada hari Selasa menunjukkan 47 dari 75 orang berpikir BoE akan menaikkan suku bunga ke tingkat krisis pasca-keuangan baru 0,75 persen pada bulan Agustus. Sisanya berpikir itu akan tetap ditahan.

Produsen menaikkan harga yang mereka kenakan sebesar 3,1 persen pada bulan Juni dibandingkan dengan 3,0 persen pada bulan Mei. Sementara peningkatan sedikit lebih lemah dari yang diharapkan dalam jajak pendapat Reuters, itu menandai kenaikan terkuat tahun ini.

Di antara produsen, biaya bahan baku – banyak dari mereka yang diimpor – adalah 10,2 persen lebih tinggi dibandingkan pada Juni 2017, kenaikan terkuat dalam setahun dan naik dari pertumbuhan 9,6 persen pada bulan Mei.

ONS juga mengatakan harga rumah pada bulan Mei naik 3,0 persen setiap tahun di seluruh Inggris secara keseluruhan, kenaikan terlemah sejak Agustus 2013 dan dibandingkan dengan 3,5 persen pada bulan April. Di London saja harga rumah turun 0,4 persen pada tahun ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here