Kekuatan Yen 19 Juli Dalam USDJPY Ditopang Laporan Ekspor Jepang

631
yen usdjpy

(Vibiznews-Forex) – Pergerakan kurs yen Jepang yang berhasil kuat di sesi Amerika semalam terhadap dollar AS kembali melanjutkan pergerakan positifnya masuki perdagangan sesi Asia hari Kamis (19/07) hingga jelang akhir sesi. Kekuatan yen dapam pair USDJPY pagi ini mendapat tambahan kekuatan dari rilis data fundamental terkini.

Yen Jepang menguat 0,1% dengan pair USDJPY dibuka flat dari kenaikan perdagangan sebelumnya di posisi 112.82, dan kini turun kembali ke posisi 112.72 setelah sempat anjlok ke 112.63. Pair melemah tertekan oleh sentimen laporan data perdagangan luar negeri Jepang.

Surplus dagang Jepang naik 66,5 persen secara tahunan menjadi  721,4 miliar yen setelah periode bulan Mei 2018 alami defisit hingga 581 miliar yen. Surplus naik melebihi perkiraan pasar yang hanya di 531,2 miliar yen. Laporan tersebut menyebutkan neraca perdagangan luar negeri surplus setelah periode bulan sebelumnya defisit, terjadi karena adanya peningkatan ekspor melebihi perkiraan.

Analis Vibiz Research Center menilai secara fundamental pergerakan yen Jepang masih dipengaruhi oleh rilis data ekonomi diatas dan juga dipengaruhi dengan posisi perdagangan dolar AS yang sedang turun. Terpantau indeks dolar masih turun 0,04% ke posisi 95.05.

Secara teknikal  perdagangan selanjutnya USDJPY diperkirakan masih akan bergerak ke support kuat di 112,57  dan jika tembus lanjut ke  112,40. Namun jika ternyata koreksi kembali akan naik ke posisi awal sesi Asia dan jika tembus mendaki terus ke  resisten  kuat di 112,98.

Jul Allens/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here