Trump Bentuk Dewan Nasional Pekerja AS; Targetkan 3,7 Juta Lowongan Pekerjaan

654
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pemerintahan Presiden AS Donald Trump terus digenjot untuk memperkuat ekonomi AS, khususnya dalam penciptaan lapangan pekerjaan.

Terkait hal tersebut, Trump menandatangani perintah eksekutif pada hari Kamis untuk membentuk Dewan Nasional untuk Pekerja Amerika, yang dimaksudkan untuk meningkatkan pelatihan dan pendidikan bagi para pekerja Amerika.

Presiden Donald Trump mengatakan dewan pekerja pemerintahannya yang baru akan membantu mengisi 3,7 juta pekerjaan di AS.

“Kami membutuhkan orang-orang yang terampil,” kata Trump, seperti yang dilansir CNBC. “Kami membutuhkan orang-orang yang terlatih. Ini jauh berbeda dari 30 tahun yang lalu dan 40 tahun yang lalu.”

Walmart, Home Depot, General Motors, dan Microsoft adalah perusahaan-perusahaan dan asosiasi yang menandatangani perjanjian, berkomitmen untuk menciptakan peluang kerja selama lima tahun ke depan. Walmart sendiri mengatakan akan berkomitmen untuk melatih 1 juta orang.

Trump berkampanye tentang janji untuk memulihkan pekerjaan Amerika. Sebagai Presiden, ia mengancam akan menghukum perusahaan yang memindahkan pekerjaan ke luar negeri dan memberlakukan tarif tinggi pada impor baja dan aluminium yang katanya melindungi perusahaan-perusahaan Amerika dan pekerja mereka.

Sejak itu, tarif baja dan aluminium tersebut telah diberlakukan di banyak negara, termasuk sekutu Kanada, Meksiko, dan Uni Eropa.

Perusahaan-perusahaan lain telah mengumumkan serangkaian investasi yang dimaksudkan untuk memacu pekerjaan di AS. Perusahaan Apple, yang dikritik Trump secara terbuka, mengatakan awal tahun ini akan membuat $ 350 miliar sebagai kontribusi untuk ekonomi AS dan berjanji untuk menciptakan 20.000 pekerjaan baru, juga sebagai membuka kampus baru.

Dewan pekerja diumumkan Kamis dan dipelopori oleh penasihat senior Gedung Putih dan putri sulung Trump, Ivanka Trump.

Ivanka Trump, selama wawancara dengan CNBC pada hari Kamis, menekankan perlunya pekerja di tengah dan tahap akhir karir mereka untuk memiliki akses ke pelatihan yang akan membantu mereka beralih ke pekerjaan baru.

Apakah pembentukan Dewan Pekerja ini memberikan sentimen positif bagi ekonomi AS? Prospek positif untuk penguatan tenaga kerja AS diperkirakan akan memberikan dorongan positif dan sentimen positif bagi para investor.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here