Bursa Eropa Bergerak Positif Merespon Kesepakatan Perdagangan AS-Uni Eropa

978

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi Kamis (26/07), seiring meredanya ketegangan perdagangan antara AS dan Uni Eropa.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa adalah 0,4 persen lebih tinggi dengan hampir setiap sektor di wilayah positif.

Indeks DAX Jerman adalah pasar berkinerja terbaik, naik 1,1 persen di jalur untuk hari terbaiknya sejak 14 Juni. Sektor otomotif dan sumber daya dasar adalah sektor unggulan teratas. Ini mengikuti berita bahwa Presiden AS Donald Trump dan Presiden Komisi Eropa mencapai kesepakatan perdagangan.

Pada hari Rabu, Trump mengumumkan bahwa AS dan Uni Eropa telah memulai “fase baru” dalam hubungan mereka. “Kami sepakat hari ini, pertama-tama, untuk bekerja sama menuju tarif nol, nol hambatan non-tarif dan nol subsidi untuk barang-barang industri non-otomotif,” kata Trump pada konferensi pers dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker.

Selain itu, sentimen pasar juga dipengaruhi oleh pendapatan dan berita perusahaan. Elis naik ke atas patokan Eropa, naik 13 persen, setelah mengumumkan akuisisi Kings Laundry.

Airbus naik 4 persen setelah melaporkan bahwa laba kuartal kedua lebih dari dua kali lipat. CEO Tom Enders mengatakan bahwa dia tidak mencari penggabungan kegiatan jet tempur dengan BAE Systems.

Pada berita lain, Nokia turun 6 persen, setelah laba kuartal keduanya meleset dari perkiraan. Meskipun demikian, perusahaan mengharapkan bahwa 5G akan meningkatkan paruh kedua tahun ini.

Bank Sentral Eropa akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter terbaru pada hari Kamis. Bank sentral diperkirakan akan tetap pada kebijakan dan keputusan suku bunga pada pertemuan bulan ini, karena perdagangan dan ekonomi zona Eropa mengambil pusat perhatian. Namun, pasar akan menunggu untuk mendengar rincian tentang bagaimana bank akan menginvestasikan kembali uang tunai dari obligasi yang kedaluwarsa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan bergerak positif merespon kesepakatan perdagangan AS dengan Uni Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here