Pertumbuhan Ekonomi Q2 Zona Eropa Melambat

753

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi zona Eropa tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal kedua, data awal menunjukkan pada hari Selasa (31/07), tetapi inflasi dipercepat dengan stabilisasi pengangguran pada tingkat yang lebih rendah.

Kantor statistik Uni Eropa Eurostat memperkirakan bahwa produk domestik bruto di 19 negara yang berbagi Eropa meningkat 0,3 persen kuartal ke kuartal di periode April-Juni dan 2,1 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekspansi triwulan 0,4 persen dan kenaikan 2,2 persen tahun ke tahun.

Inflasi konsumen utama meningkat menjadi 2,1 persen tahun ke tahun di bulan Juli dari 2,0 persen pada bulan Juni, terutama karena lonjakan biaya energi.

Inflasi inti, yang tidak termasuk biaya energi serta makanan yang tidak diolah dan yang dilihat Bank Sentral Eropa dalam keputusan kebijakan, juga naik menjadi 1,3 persen tahun ke tahun dari 1,2 persen pada Juni, mengalahkan ekspektasi ekonom.

Ukuran inflasi inti yang lebih sempit yang diperhatikan oleh para ekonom, yang tidak termasuk biaya alkohol dan tembakau, juga naik menjadi 1,1 persen dari 0,9 persen di bulan Juli – sekali lagi, di atas ekspektasi.

ECB ingin menjaga inflasi utama di bawah, tetapi mendekati, 2 persen dalam jangka menengah.

Secara terpisah, Eurostat mengatakan pengangguran di zona Eropa berada pada 8,3 persen pada Juni, tidak berubah dari 8,3 persen yang direvisi ke bawah pada bulan Mei.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here