Yen dan Dolar AS Menguat Seiring Meningkatnya Ketegangan Geopolitik

759

(Vibiznews – Forex) Yen Jepang naik pada hari Kamis terpicu kekhawatiran investor dengan meningkatnya ketegangan geopolitik dari perang perdagangan AS-China hingga Brexit.

Pasar valuta asing global musim panas ini telah didominasi oleh kecemasan politik dari sanksi AS terhadap Rusia dan Turki untuk meningkatkan ketegangan di Timur Tengah dan di Eropa.

Rubel Rusia mundur ke level terendah sejak November 2016 semalam, melemah di luar batas psikologis penting 65 per dolar, setelah Washington mengatakan akan memberlakukan sanksi baru terhadap Moskow.

Lira Turki menyentuh rekor terendah baru terhadap dolar, melemah sekitar 2,5 persen dari penutupan Rabu setelah delegasi Turki bertemu dengan pejabat AS untuk mencoba menyelesaikan perselisihan antara kedua sekutu NATO.

Pasar tetap khawatir dengan konflik perdagangan global tetapi para pedagang berfokus pada pembicaraan di Washington pada Kamis di mana Jepang akan berusaha untuk mencegah tarif pada ekspor mobil dan menangkis permintaan AS untuk perjanjian perdagangan bebas bilateral.

Rangkaian perdagangan global tahun ini telah melihat dolar menguat dan yuan China jatuh sementara safe haven yen tetap lemah, jatuh sekitar empat persen terhadap dolar selama enam bulan terakhir.

Itu telah mendorong spekulasi bahwa depresiasi mata uang bisa menjadi masalah dalam pembicaraan Kamis karena Donald Trump telah menyuarakan kekhawatiran atas negara-negara yang dengan sengaja melemahkan mata uang mereka.

Yen pada hari Kamis naik ke ketinggian sepuluh hari terhadap dolar 110,76 dan menguat terhadap euro.

Di tempat lain, dolar AS naik 0,3 persen menjadi 95,336 pada indeks dolar yang melacak dolar AS versus sekelompok enam mata uang.

Itu membuat euro melemah di $ 1,15765, tidak jauh dari 2018-rendah $ 1,15080.

Sterling pada hari Kamis terus meluncur dan mencapai $ 1.2842 setelah penurunan ke $ 1.2854 hari sebelumnya, terendah dalam setahun.

Pound melemah tajam karena investor memperkirakan Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan dengan Brussels mengenai hubungan masa depan mereka.

Penggerak besar dalam mata uang G10 adalah dolar Selandia Baru, yang jatuh lebih dari 1 persen pada $ 0,6652, terendah sejak Maret 2016.

Kiwi jatuh setelah Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) pada Kamis secara tidak terduga berkomitmen untuk mempertahankan suku bunga di rekor terendah hingga 2020 pada aktivitas ekonomi yang mengecewakan.

 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan penguatan dolar AS dan Yen dapat berlanjut jika ketegangan geopolitik juga terus meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here