Bursa Eropa Coba Bangkit Setelah Janji Bank Sentral Turki

771

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa bangkit kembali pada hari Selasa setelah dua hari berjuang ditengah penjualan yang berat karena kecemasan investor atas penularan dari krisis mata uang Turki memudar sedikit, berkat jaminan dari bank sentral dan pemerintah.

Lira Turki menguat setelah bank sentral telah berjanji pada Senin untuk menyediakan likuiditas sebagai tanggapan terhadap kehancuran yang telah mengguncang pasar global.

Investor juga dihibur oleh pernyataan Menteri Keuangan Turki yang baru, Berat Albayrak yang mengadakan pertemuan dengan para investor dari Amerika Serikat, Eropa dan Timur Tengah pada hari Kamis, yang pertama sejak mengambil posisi hampir dua bulan lalu.

SX 7 E naik 0,8 persen, membantu mendorong patokan Eropa STOXX 600 naik 0,4 persen.

Indeks FTSE MIB .FTMIB Italia, melonjak 0,8 persen dipimpin saham-saham perbankan karena imbal hasil obligasi milik pemerintah Turki jatuh setelah pemerintah mengatakan telah sepakat untuk menjaga stabilitas keuangan negara dan utang publik yang lebih rendah.

Harga saham pembuat implan gigi dari Swiss, Straumann (STMN.S), naik 4,6 persen setelah menaikkan target pendapatan setahun penuh karena pertumbuhan penjualan organik melebihi 20 persen untuk pertama kalinya dalam 10 tahun.

Saham Siltronic (WAFGn.DE) turun 4,8 persen, setelah Citi memotong rekomendasi pada saham menjadi “netral”.

Saham produsen peralatan industri Jerman, Duerr (DUEG.DE) naik 3,6 persen setelah broker lokal M.M. Warburg meningkatkan stok untuk “membeli” dari “tahan”.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here