Bursa Asia 16 Agustus Tergelincir

1425

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia tergelincir pada hari Kamis (16/08), tetapi mengurangi penurunan curam sebelumnya setelah China mengumumkan sedang merencanakan untuk putaran baru pembicaraan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Beijing mengatakan telah menerima undangan dari AS untuk mengambil bagian dalam negosiasi perdagangan pada akhir Agustus. Wakil Menteri Perdagangan China, Wang Shouwen akan memimpin delegasi Tiongkok dalam pembicaraan dengan para pejabat AS. Kementerian perdagangan China menambahkan bahwa China menentang unilateralisme dan proteksionisme, tetapi terbuka untuk dialog.

Pasar China mengurangi kerugian menyusul berita, dengan indeks Shanghai ditutup lebih rendah sebesar 0,63 persen pada 2.705,97 setelah dibuka merosot lebih dari 1 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,82 persen pada 27100.06.

Indeks Nikkei 225 sedikit menurun 0,05 persen menjadi ditutup pada 22.192,04. Patokan sebelumnya telah kehilangan lebih dari 300 poin.

Indeks Kospi Korea Selatan berakhir turun 0,8 persen untuk ditutup pada 2.240,80, karena sektor teknologi berubah dalam kinerja beragam. SK Hynix termasuk di antara saham-saham utama yang terpengaruh, meluncur 1,58 persen pada penutupan, sementara Samsung Electronics melihat penurunan 1,99 persen untuk mengakhiri hari.

Indeks ASX 200 ditutup sedikit lebih rendah di 6,382,30, lebih rendah hanya 0,01 persen, dengan energi dan material mengambil penurunan terbesar menyusul penurunan harga komoditas semalam.

Berita terkait perdagangan dipandang sebagai perkembangan positif, tetapi reaksi pasar juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti kekhawatiran yang lebih luas atas hubungan perdagangan AS-China, dolar yang lebih kuat dan ekonomi Tiongkok yang melambat.

Kerugian di Asia juga datang di belakang penurunan di pasar di Amerika Serikat: Indeks Dow Jones Industrial Average kehilangan 137,51 poin menjadi ditutup pada 25.162,41. Indeks Nasdaq turun 1,23 persen dan S & P 500 mengakhiri sesi lebih rendah dengan 0,76 persen.

Setelah rilis pendapatan kuartalan yang mengecewakan, saham Tencent turun 3,99 persen pada jam 3:24 sore. HK / SIN, memperpanjang kerugian baru-baru ini. Laba untuk kuartal yang berakhir pada Juni merosot 2 persen menjadi 17,87 miliar yuan ($ 2,59 miliar), meleset dari ekspektasi. Itu juga merupakan penurunan laba pertama bagi perusahaan dalam hampir 13 tahun.

Hasilnya telah melihat saham teknologi di AS tertekan semalam. Sektor ini jatuh lebih dari 1 persen setelah pengumuman mengecewakan dari raksasa teknologi China. Tencent telah tersandung dalam sesi terakhir, dengan penurunan Kamis datang karena bisnis game-nya berada di bawah pengawasan regulasi yang lebih besar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia selanjutnya akan mencermati bursa Wall Street yang berpotensi naik jika data Building Permits Juli dan Housing Starts Juli terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here