Bursa Eropa 28/08 Mendapat Untung Dari Perjanjian AS-Mexico

705

(Vibiznews – Index) – Kuatnya perdagangan aset beresiko sejak perdagangan sesi Asia membuat pasar Eropa pun meraup untung dari perdagangan saham. Terpantau bursa saham Eropa hari Selasa (28/08) dibuka pada posisi yang kuat imbas sentimen positif yang mengangkat bursa Amerika semalam.

Banyaknya saham dibeli sejak perdagangan sesi Asia dipicu oleh kesepakatan dagang terbaru AS-Mexico yang menyetujui perjanjian dagang NAFTA dirombak. Pembukaan bursa saham Eropa mayoritas indeksnya bergerak di zona hijau demikian juga dengan bursa saham Inggris yang perdagangan sebelumnya tutup.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa diperdagangkan sore ini 0,3 persen lebih tinggi, dengan semua sektor di semua bursa bergerak positif. Terpantau kini indeks bursa Jerman DAX menguat 0,20% atau naik 25.32 poin ke posisi 12563. Sedangkan indeks bursa Perancis CAC40 berada di posisi  5454.94  yang menguat 9.92 atau 0.18%. Dan indeks bursa London FTSE menguat 0,37% atau 27.74 ke posisi 7605.23.

Melihat sektor saham yang kuat, saham sektor sumber daya  yang berkinerja terbaik, naik hingga lebih dari 1,2 persen di tengah berita tentang prospek perdagangan global yang membaik.

Untuk pergerakan selanjutnya hingga akhir sesi Eropa beberapa jam lagi tidak terdapat penggerak kuat dari rilis data ekonomi, sehingga indeks diperkirakan masih dapat bergerak kuat.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here