Aussie Jatuh Terendah 2,5 Tahun; Mata Uang Safe Haven Menguat

934

(Vibiznews – Forex) Dolar Australia jatuh ke level terendah dalam lebih dari 2,5 tahun pada hari Jumat sore (07/09) terpicu kekhawatiran meningkatnya konflik perdagangan Amerika Serikat dan China, sementara mata uang safe haven seperti Franc Swiss dan Yen Jepang menguat.

Dengan periode komentar publik untuk tarif AS yang diusulkan pada impor China senilai $ 200 miliar yang berakhir pada pukul 0400 GMT, pasar turun tipis karena investor menunggu keputusan baru untuk dirilis dalam perang dagang AS-China yang sedang berlangsung.

Sementara itu kekhawatiran yang luas memberikan dorongan untuk mata uang safe-haven dan pasar akan tetap fokus pada berita utama perdagangan dari data ekonomi AS yang akan datang kecuali ada kejutan besar ke bawah.

Indeks mata uang emerging market naik lebih tinggi pada hari Jumat tetapi siap untuk mencatat penurunan mingguan terbesar dalam tiga minggu.

Di antara mata uang maju, dolar Australia turun lebih dari setengah persen ke level terendah sejak Februari 2016 di $ 0,7138 karena kekhawatiran bahwa setiap eskalasi dalam konflik perdagangan akan memukul ekonomi berorientasi ekspor tersebut. Australia menganggap China sebagai mitra dagang terbesar mereka.

Yuan relatif stabil di pasar luar negeri di Hong Kong karena lonjakan biaya pinjaman semalam menghambat penjual pendek mata uang Cina.

Mata uang AS yang diadakan dalam kisaran yang relatif ketat terhadap mata uang utama lainnya seperti euro dan pound, dengan pasar menguatkan untuk laporan pekerjaan AS yang sangat dinanti-nanti menjelang sesi ini.

Laporan Non Farm Payrolls bulan Agustus AS akan dirilis pada 1230 GMT. Perekonomian AS diperkirakan akan menambah sekitar 191.000 pekerjaan pada bulan Agustus, dengan pendapatan rata-rata 0,2 persen bulan ke bulan dibandingkan dengan 0,3 persen dari Juli.

Federal Reserve siap untuk menaikkan suku bunga bulan ini, langkah pengetatan moneter ketiga pada 2018, dan data ketenagakerjaan diperkirakan akan membentuk pandangan jangka pendek investor tentang suku bunga.

Sementara pasar menunggu putaran berikutnya dipecat dalam konflik perdagangan AS-China, Presiden AS mengisyaratkan kepada kolumnis Wall Street Journal bahwa ia mungkin akan mengambil masalah perdagangan dengan Jepang.

Euro dan pound secara luas datar terhadap dolar masing-masing di $ 1,1639 dan $ 1,2938.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya Dolar AS berpotensi kuat jika data Non Farm Payrolls Agustus AS yang akan dirilis malam ini terealisir positif dan data pengangguran Agustus AS terealisir menurun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here