Dolar AS Bergerak Lemah; Kanada Negosiasi Perdagangan Dengan AS

722

(Vibiznews – Forex) Dolar AS melemah pada hari Rabu sore (12/09) terpicu berita yang mengatakan Kanada siap untuk membuat konsesi ke Amerika Serikat untuk menyelesaikan pembicaraan mereka atas pengerjaan ulang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, meskipun kecemasan atas berlanjutnya ketegangan perdagangan AS-Cina membebani.

China akan meminta Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) minggu depan untuk meminta izin memberlakukan sanksi terhadap Amerika Serikat karena ketidakpatuhan Washington terhadap putusan dalam sengketa atas bea dumping AS.

Analis menyatakan adanya kekhawatiran tentang banyak hal yang terus menerus sehingga menjadi sulit untuk pengambilan risiko agresif.

Dolar diperdagangkan sedikit lebih rendah setelah dua sumber Kanada dengan pengetahuan langsung tentang strategi negosiasi Ottawa mengatakan semalam Ottawa siap menawarkan akses terbatas Amerika Serikat ke pasar susu Kanada sebagai konsesi dalam negosiasi untuk membuat kembali NAFTA.

Industri susu yang dilindungi Kanada adalah titik pelekat utama dalam pembicaraan NAFTA antara kedua negara. Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland kembali ke Washington pada Selasa untuk pembicaraan yang bertujuan menyelamatkan NAFTA menjelang tenggat waktu 1 Oktober.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, adalah 0,02 persen lebih rendah pada 95,23.

Dolar Kanada sedikit berubah pada 1,3055 per dolar AS setelah rally hampir tiga perempat persen di akhir sesi AS pada berita pembicaraan perdagangan.

Namun, kecemasan atas sengketa perdagangan antara China dan Amerika Serikat, membuat banyak investor cemas.

Dolar Australia, dilihat sebagai proksi untuk pertumbuhan global karena eksposur perdagangan negara yang signifikan ke China, turun 0,3 persen menjadi $ 0,7093.

Aussie diperdagangkan mendekati level terendah 2,5 tahun $ 0,7085 pada hari Selasa di tengah kekhawatiran eksportir Australia dapat menderita dari kerusakan ekonomi China dari perang perdagangan.

Euro turun hampir 0,2 persen pada $ 1,158, sementara pound juga merosot 0,3 persen menjadi $ 1,2991, datang dari tertinggi satu bulan dari $ 1,3087 yang tercapai pada Senin karena kenaikan optimisme atas prospek untuk kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa memudar.

Terhadap yen Jepang, dolar turun 0,1 persen menjadi 111,49 yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS berpotensi lemah dengan menurunnya minat investor mengambil aset beresiko dengan investor mencermati perkembangan perang dagang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here