Housing Starts AS Meningkat Melebihi Perkiraan

1143

(Vibiznews – Economy & Business) Pembangunan rumah AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus, tanda positif untuk pasar perumahan yang telah berkinerja buruk di tengah meningkatnya suku bunga untuk pinjaman rumah.

Housing Starts AS naik 9,2 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1.282 juta unit pada bulan Agustus, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Rabu (19/09). Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan tingkat tahunan 1,235 juta unit.

Departemen Perdagangan menaikkan estimasi untuk mulai bulan Juli hingga tingkat 1,174 juta unit.

Data housing starts AS dapat berubah-ubah dan dapat mengikuti revisi yang besar. Sebagian besar keuntungan bulan Agustus adalah komponen multi-keluarga yang mudah berubah, dimulai dari bangunan dengan dua unit atau lebih naik 29,3 persen ke tingkat tahunan 406.000 unit.

Pembangunan rumah tunggal keluarga, yang merupakan bagian terbesar dari pasar perumahan, naik lebih sederhana 1,9 persen ke tingkat 876.000 unit pada bulan Agustus.

Aktivitas groundbreaking meningkat di Midwest, South dan West, tetapi datar di Northeast.

Namun Izin bangunan, turun 5,7 persen ke tingkat 1,229 juta unit.

Pasar perumahan AS telah berkinerja buruk bagi ekonomi, dengan ekonom menyalahkan perlambatan pada persediaan rendah dan kenaikan suku bunga KPR, yang telah dikombinasikan dengan harga rumah yang lebih tinggi untuk membuat pembelian rumah tidak terjangkau untuk beberapa pembeli pertama kali.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here