Indeks STOXX 600 Naik Didukung Saham Minyak Dan Pasar Italia

616

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa didukung dalam perdagangan pagi pada hari Selasa oleh keuntungan di antara saham-saham minyak, sementara pengecer pakaian Inggris Next (NXT.L) rally setelah menaikkan pedoman labanya.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,2 persen pada pukul 08:01 GMT, memulihkan sebagian dari kerugian yang diderita pada sesi sebelumnya ketika kekhawatiran atas perang dagang antara AS-China yang berlarut-larut memicu aksi ambil untung. Optimisme pasar terhadap anggaran Italia juga mendukung sentimen.

Harga saham British Petroleum BP (BP.L) dan Shell (RDSa.AS) naik lebih dari 1 persen setelah Brent mencapai tertinggi baru empat tahun jelang sanksi AS terhadap Iran dan keengganan OPEC dan Rusia untuk meningkatkan produksi guna menekan harga minyak mentah dunia.

Indeks minyak dan gas. SXEP memimpin kenaikan di indeks Stoxx 600 pan Eropa, naik 1 persen pada level tertingginya sejak pertengahan Juli.

Pedagang komoditas dan penambang Glencore (GLEN.L) bertambah 2,2 persen setelah meluncurkan pembelian kembali saham senilai $ 1 miliar.

Harga saham produsen obat kelas dunia, Novartis (NOVN.S) naik 1,2 persen setelah mengatakan akan memangkas sekitar 2.200 pekerjaan di Swiss selama empat tahun ke depan untuk membantu meningkatkan profitabilitas.

Pengecer pakaian membukukan kenaikan 0,5 persen dalam laba semester pertama dan meningkatkan panduan setahun penuh setelah perdagangan yang lebih baik dari perkiraan pada bulan Agustus dan awal September.

Tanda-tanda bahwa koalisi Italia kemungkinan akan mencapai kompromi atas anggaran 2019 mengangkat saham dan obligasi Italia dengan indeks saham FTSE MIB .FTMIB teratas di negara itu naik sekitar 1 persen, mengungguli pasar yang lebih luas.

Kontraktor pertahanan Italia yang dikontrol negara yaitu Leonardo (LDOF.MI) naik lebih dari 3 persen setelah memenangkan pesanan helikopter dari Angkatan Udara AS.

Bank Italia .FTIT8300, yang sensitif terhadap risiko politik karena kepemilikan obligasi negara mereka yang besar, naik 1,5 persen. Keuntungan mereka membantu dan meningkatnya ekspektasi kenaikan suku bunga di zona euro tahun depan membantu mengangkat saham-saham sektor perbankan Eropa .SX7P naik 0,7 persen.

Di tempat lain, British American Tobacco (BATS.L) turun 1,9 persen setelah berita pembuat rokok bernama Jack Bowles diangkat sebagai CEO, sementara rival perusahaan ini, Imperial Brands (IMB.L) bertambah 0,6 persen menyusul pembaruan target perdagangan.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here