Saham Eropa 25/09 Diuntungkan Laporan Pendapatan Anggota Bursa

544

(Vibiznews – Index)- Setelah perdagangan saham awal pekan ditutup masuk zona merah, bursa saham Eropa hari Selasa (25/09) dibuka lebih tinggi yang sebagian besar dipengaruhi oleh laporan keuntungan perusahaan-perusahaan anggota bursa. Keuntungan saham ini menepis kekhawatiran pasar akan kondisi pasar global pasca diberlakukannya tarif dagang AS untuk China.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik 0,3 persen, yang dipimpin oleh saham-saham sektor perdagangan  berada di wilayah positif. Saham NEXT memimpin kenaikan di Eropa dalam transaksi awal, naik hampir 8 persen, setelah melaporkan kenaikan 0,5 persen pada laba semester pertama  tahun ini.

Saham Leonardo juga naik sekitar 3,5 persen dalam transaksi awal setelah mencapai kesepakatan dengan Angkatan Udara AS. Kemudian saham Glencore bergerak lebih tinggi juga setelah mengumumkan rencana untuk membeli kembali $ 1 miliar dari sahamnya sendiri.

Investor Eropa terus mencerna berita merger setelah Comcast membuat tawaran tertinggi untuk penyiar Inggris, Sky. Saham terakhir diperdagangkan sedikit lebih tinggi dalam transaksi awal. Comcast mengumumkan bahwa mereka telah membeli 29,1 persen saham Sky di pasar.

Terpantau indeks bursa saham Inggris, indeks FTSE   menguat  13.46 poin atau 0.18% ke posisi 7471.87. Demikian juga dengan indeks bursa saham Perancis CAC  naik 5.05 poin atau 0,09% pada posisi 5497. Sedangkan indeks bursa saham Jerman yaitu DAX turun 9,65 poin  atau 0,08% pada posisi 12341.17.

Untuk pergerakan indeks selanjutnya perhatian pasar akan difokuskan pada pengumuman suku bunga Federal Reserve besok sore waktu Amerika yang diperkirakan akan menaikkan suku bunganya kembali sebesar 0,25 bps.

Sebagai info, perdagangan saham Eropa kemarin ditutup merah dengan indeks Eropa Stoxx 600 Eropa melemah 0,6 persen. DAX Jerman juga turun 0,6 persen, indeks CAC 40 Perancis melemah 0,3 persen dan FTSE 100 Inggris turun 0,4 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here