Pan Eropa Stoxx 600 Turun Setelah Komentar Euroskeptic, Claudio Borghi

594

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa bergerak lebih rendah pada perdagangan tengah hari, setelah komentar anti-euro dari seorang pejabat partai Italia yang mengangkat imbal hasil obligasi Roma hingga tertinggi multi-tahun.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun sekitar 0,8 persen selama transaksi tengah hari, dengan hampir semua sektor dan bursa utama Eropa berada di wilayah negatif.

Indeks perbankan Eropa adalah salah satu pelaku sektoral terburuk, turun lebih dari 1 persen setelah seorang anggota parlemen Italia yang terkenal mengatakan Roma akan menikmati kondisi ekonomi yang lebih menguntungkan di luar zona euro.

Claudio Borghi, ekonom euroskeptic yang memimpin komite anggaran di majelis rendah parlemen Italia, mengatakan dalam sebuah wawancara radio Selasa bahwa ia “benar-benar yakin” sebagian besar masalah negara akan diselesaikan jika memiliki mata uang sendiri.

Komentar Borghi dengan cepat dibantah oleh wakil perdana menteri Italia, Luigi Di Maio, yang mengatakan pemerintah koalisi Italia tidak ingin meninggalkan Uni Eropa atau mata uang tunggal. Meskipun demikian, beberapa bank Italia diperdagangkan lebih rendah. Unicredit, Ubi Banca dan Banco Bpm adalah pemain sektoral Eropa terburuk, turun lebih dari 2,5 persen pada Selasa pagi.

Melihat saham individu, Royal Mail Inggris merosot ke dasar patokan Eropa setelah perusahaan layanan pos ini mengeluarkan peringatan profit pada hari Senin. Saham Royal Mail turun hampir 10 persen.

Sementara itu, Ubisoft melonjak ke bagian atas indeks setelah Google mengumumkan hari Senin bahwa pihaknya berencana untuk menguji layanan jasa “streaming” antar perusahaan. Saham Ubisoft naik hampir 2 persen.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here