Bursa Asia Sebagian Besar Positif; Indeks Kospi Tergelincir

747

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia berakhir sebagian besar menguat pada hari Rabu (10/10).

Indeks ASX 200 Australia naik 0,14 persen menjadi ditutup pada 6.049,8, dengan sebagian besar sektor lebih tinggi.

Saham perusahaan pendidikan swasta terbesar di negara itu, Navitas, mengakhiri hari perdagangan lebih tinggi 21,84 persen setelah perusahaan itu sebelumnya mengumumkan telah menerima tawaran pembelian 1,97 miliar dolar Australia (1,4 miliar dolar AS) dari konsorsium.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 rebound untuk ditutup lebih tinggi dengan 0,16 persen pada 23,506.04 setelah berada di wilayah datar sebagian besar sebelumnya.

Sebelumnya pada hari itu, data menunjukkan bahwa pesanan mesin inti di Jepang naik di atas ekspektasi pada bulan Agustus, menunjukkan kemungkinan pertumbuhan dalam belanja modal.

Indeks Hang Seng di Hong Kong berakhir sedikit menguat 0,08 persen hingga ditutup pada 26.193,07.

Di daratan Tiongkok, indeks Shanghai mengalami rebound, naik 0,18 persen menjadi ditutup pada sekitar 2,725.84. Indeks Shenzhen, turun 0,147 persen untuk mengakhiri hari perdagangan di sekitar 1,383,05.

Indeks Kospi Korea Selatan juga ditutup lebih rendah, tergelincir 1,12 persen pada 2.228,61.

Menurut jajak pendapat Reuters, analis memperkirakan yuan China untuk pulih dari beberapa kerugian baru-baru ini terhadap greenback selama tahun depan di harapan bahwa ketegangan perdagangan AS dan China di pasar negara berkembang akan berkurang.

Presiden AS Donald Trump mengatakan Selasa bahwa dia tidak suka keputusan Federal Reserve untuk terus menaikkan suku bunga.

Bank sentral AS terakhir menaikkan suku bunga acuannya sebesar seperempat poin pada bulan September, sementara meningkatkan harapannya untuk pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini dan tahun depan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang kemungkinan juga akan bergerak mixed dengan belum adanya data ekonomi yang dapat menggerakkan pasar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here