Dolar AS Sesi Asia Mundur Dari Tertinggi 7 Minggu

615

(Vibiznews – Forex) Dolar AS tergelincir lebih jauh dari tertinggi tujuh minggu pada Rabu siang (10/10) meskipun dukungan mendasar untuk dolar AS tetap kuat di tengah ekonomi AS yang kuat dan jalur stabil untuk kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve.

Sementara yield Treasury AS keluar dari tertinggi semalam, kecenderungan untuk lonjakan lebih lanjut tetap utuh karena investor bertaruh meningkatnya tekanan inflasi akan membuat Fed tetap fokus pada kebijakan yang lebih ketat, bahkan ketika Presiden AS Donald Trump mengkritik kecenderungan hawkish pembuat kebijakan.

Sterling mengambil beberapa penghiburan dengan harapan Inggris dan Uni Eropa mungkin dekat dengan kesepakatan Brexit, sementara fokus pasar juga ​​berada dalam sentimen perselisihan perdagangan AS-China yang meningkat dan rencana anggaran Italia.

Pada hari Rabu, indeks dolar sebagian besar tidak berubah pada 95,575, tidak jauh dari 96,163 yang dicapai selama sesi sebelumnya – level tertinggi sejak 20 Agustus.

Sterling mendapat tumpangan dari laporan Dow Jones Newswires hari sebelumnya bahwa kesepakatan tentang persyaratan bagi Inggris untuk meninggalkan blok ekonomi eropa dapat dicapai sesegera Senin.

Dow Jones, mengutip para diplomat tidak dikenal, mengatakan Inggris dan Uni Eropa telah mempersempit perbedaan mereka di sekitar perbatasan Irlandia tetapi beberapa masalah belum diselesaikan.

Sterling naik 0,1 persen ke level tertinggi dua minggu di $ 1,3161, setelah menempel pada 0,4 persen selama sesi sebelumnya.

Euro naik 0,17 persen menjadi $ 1,1511.

Mata uang tunggal merosot semalam ke level terendah tujuh minggu $ 1,14325 setelah imbal hasil 10-tahun Italia mencapai tertinggi 4,5 tahun, meskipun ada komentar dari Menteri Ekonomi Italia Giovanni Tria.

Tria mengatakan bahwa Italia akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk memulihkan ketenangan jika gejolak pasar berubah menjadi krisis keuangan, menambahkan kekhawatiran atas rencana anggaran negara untuk tahun depan tidak dapat disesuaikan.

Imbal hasil 10-tahun Treasury berdiri di 3,21 persen pada hari Rabu, setelah mencapai puncak tujuh tahun 3,261 persen semalam.

Beberapa pedagang mengatakan komentar pada hari Selasa oleh Presiden AS Donald Trump membantu mendinginkan imbal hasil Treasuries.

Berbicara kepada wartawan di akhir waktu AS pada hari Selasa, Trump mengatakan dia tidak menyukai apa yang dilakukan Fed karena AS memiliki inflasi yang harus benar-benar diperhatikan, dan dia tidak berpikir perlu secepatnya menaikkan suku bunga.

The Fed terakhir menaikkan suku bunga pada bulan September dan meninggalkan rencana yang utuh untuk secara bertahap mengetatkan kebijakan moneter.

Terhadap yen Jepang, dolar naik tipis, diperdagangkan pada 113,04 yen.

Dolar Australia menarik 0,2 persen lebih tinggi menjadi $ 0,7119 karena jatuhnya imbal hasil obligasi AS dan karena harga untuk ekspor komoditas utama diuntungkan dari permintaan China.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang dolar AS berpotensi lemah seiring pernyataan Presiden AS Donald Trump yang tidak menyetujui kenaikan suku bunga AS dalam waktu cepat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here