Inflasi September AS Turun, Akankah Menunda Kenaikan Suku Bunga AS?

722
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Harga konsumen AS menurun pada bulan September, tertahan oleh perlambatan dalam biaya sewa dan penurunan harga energi.

Perlambatan terjadi meskipun pasar tenaga kerja AS terlihat kuat oleh sebagian besar tindakan.

Dengan pembacaan hanya sedikit di bawah apa yang diharapkan analis, laporan inflasi tidak mungkin mempengaruhi ekspektasi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakan bulan Desember.

Imbal hasil Treasury AS memperpanjang kejatuhan mereka sementara indeks saham berjangka AS memangkas kerugian, karena data mengurangi ekspektasi laju kenaikan suku bunga Fed yang lebih agresif. Dolar bertahan pada level yang lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang.

Indeks Harga Konsumen meningkat 0,1 persen bulan lalu setelah naik 0,2 persen pada Agustus, Departemen Tenaga Kerja mengatakan. Dalam 12 bulan hingga September, CPI meningkat 2,3 persen, melambat dari kenaikan 2,7 persen bulan Agustus.

Tidak termasuk komponen makanan dan energi yang mudah menguap, CPI naik 0,1 persen untuk bulan kedua berturut-turut. Indeks inti yang disebut telah meningkat 0,2 persen pada bulan Mei, Juni dan Juli.

Dalam 12 bulan hingga September, CPI inti meningkat 2,2 persen. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan baik CPI inti keseluruhan dan naik 0,2 persen pada bulan September.

The Fed, yang telah menaikkan suku bunga tiga kali tahun ini, melacak ukuran inflasi yang berbeda, indeks pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) tidak termasuk makanan dan energi, untuk kebijakan moneter. Indeks harga PCE inti naik 2,0 persen dalam 12 bulan hingga Agustus, bertahan pada target 2 persen Fed untuk bulan keempat berturut-turut.

Bulan lalu, harga bensin turun 0,2 persen setelah melonjak 3,0 persen pada Agustus. Harga makanan datar secara keseluruhan dan harga makanan yang dikonsumsi di rumah turun 0,1 persen.

Pemilik setara sewa rumah utama, yang adalah apa pemilik rumah akan membayar untuk menyewa atau menerima dari menyewa rumah, naik 0,2 persen pada bulan September setelah naik 0,3 persen pada bulan Agustus. Harga sewa untuk tempat tinggal utama naik 0,2 persen, turun dari kenaikan 0,4 persen pada bulan Agustus.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here