Indeks Stoxx 600 Turun Dipimpin Saham Otomotif, Peugeot Anjlok 3 Persen

655

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa berbalik lebih rendah pada perdagangan sore hari, terseret oleh saham mobil. Indeks Stoxx 600 pan-Eropa turun 0,1 persen ditengah-tengah investor melacak laporan pendapatan perusahaan.

Saham otomotif turun sebanyak 1,3 persen, dengan Peugeot turun 3 persen dan Renault turun 2,4 persen. Penurunan ini terjadi saat berita bahwa penjualan mobil Eropa turun 23,4 persen di bulan September dimana Volkswagen, Fiat dan Renault memimpin kemerosotan, demikian laporan Reuters.

Di sisi lain, saham teknologi Eropa adalah pemain terbaik. ASML adalah pemain sektoral teratas, setelah bursa saham Amsterdam mengalahkan ekspektasi laba di kuartal ketiga. Sahamnya melonjak 4,8 persen.

Melihat saham individu, pembuat cat dan pelapis Belanda, Akzo Nobel, diperdagangkan mendekati puncak patokan Eropa. Sahamnya lebih dari 3 persen lebih tinggi setelah perusahaan mengatakan laba inti melonjak 8 persen.

Sementara itu, saham Fresenius Medical Care Jerman merosot ke bagian bawah indeks setelah kelompok medis memangkas penjualan dan prospek pendapatan 2018 karena kurangnya kinerja bisnis di wilayah AS. Harga saham perusahaan ini melorot 17 persen.

Investor juga masih memantau krisis krisis Uni Eropa di Belgia. Perdana Menteri Inggris Theresa May kemungkinan akan mendesak para pemimpin Uni Eropa lainnya untuk memberikan dasar pada masalah perbatasan Irlandia ketika dia berbicara di Brussels pada hari Rabu ini.

Status pasca-Brexit dari perbatasan Irlandia tetap menjadi titik tolak bagi para perunding, dengan kedua belah pihak tidak dapat menyepakati bagaimana menghindari apa yang disebut perbatasan keras ketika Inggris meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret tahun depan.

Menjelang KTT, Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan “tidak ada alasan untuk optimisme” atas kesepakatan Brexit.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here