Bursa Tiongkok Terperosok Terganjal Aksi Jual Saham Energi

914
bursa shanghai

(Vibiznews – Index) Bursa Saham China turun tajam pada Kamis karena penjualan besar-besaran di sektor energi dan kekhawatiran tentang tingkat suku bunga yang menambahkan kekhawatiran yang lebih luas atas pertumbuhan dan penjualan global dalam ekuitas.

Indeks Shanghai ditutup turun 2,9 persen pada 2.486,42, setelah mencapai titik terendah sejak November 2014 pada Kamis pagi.

Indeks CSI300 blue-chip turun 2,4 persen.

Saham China telah lebih buruk dari pasar saham lainnya di Asia tahun ini, khususnya dalam beberapa pekan terakhir karena ekuitas global menanggung beban dari perang dagang AS-China yang memanas dan prospek pengetatan kebijakan lebih lanjut oleh Federal Reserve AS.

Hampir tidak ada pertolongan dari berita bahwa Departemen Keuangan AS telah menahan diri dari penamaan China sebagai manipulator mata uang dalam laporan semi-tahunan yang dirilis pada hari Rabu.

Sebaliknya, risalah dari pertemuan Fed 25-26 September yang menunjukkan setiap pembuat kebijakan Fed mendukung menaikkan suku bunga bulan lalu, peringatan dari perdana menteri China bahwa ekonomi menghadapi tekanan ke bawah yang meningkat, dan kekhawatiran menjelang data PDB Beijing akan dirilis pada hari Jumat membebani pasar.

Yuan mengakhiri perdagangan domestik pada penutupan terlemahnya terhadap dolar sejak Januari 2017.

Sejauh tahun ini, indeks saham Shanghai turun 24,8 persen dan CSI300 telah jatuh 24,5 persen. Saham Shanghai telah menurun 11,9 persen bulan ini.

Saham energi dipimpin lebih rendah oleh penurunan harga energi. Indeks CSI yang melacak stok energi turun 4,91 persen.

Sub-indeks sektor keuangan CSI 300 lebih rendah sebesar 2,08 persen, sektor konsumen turun 2,17 persen, indeks real estat turun 1,82 persen dan indeks kesehatan 3,89 persen lebih rendah.

Pasar saham Hong Kong, dibuka kembali setelah liburan pada hari Rabu, ditutup datar pada hari Kamis. Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia ex-Jepang lebih lemah 0,65 persen, sementara indeks Nikkei Jepang ditutup turun 0,8 persen.

Indeks Shenzhen Cina yang lebih kecil berakhir turun 2,73 persen dan papan awal indeks ChiNext melemah 2,18 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here