Konfrontasi Komisi Eropa versus Italia; Akankah Menekan Pasar Global?

1458

(Vibiznews – Economy & Business) Rencana anggaran pemerintah Italia yang bertentangan dengan aturan telah menjadi perhatian utama pasar global, karena investor memantau kemungkinan meningkatnya konfrontasi antara Uni Eropa dan pemerintah populis Roma.

Kekhawatiran atas konfrontasi antara pemerintah anti-kemapanan di Italia dan Komisi Eropa telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir, karena Roma bersikeras untuk mempertahankan ambisi pengeluaran yang luas – meskipun ada kecaman yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Uni Eropa.

Komisi Eropa mengatakan pada hari Kamis bahwa rancangan anggaran 2019 Italia adalah pelanggaran serius aturan pengeluaran Uni Eropa. Kekhawatiran yang paling mendesak di Brussels adalah bahwa pengeluaran yang lebih tinggi di Italia dapat meningkatkan tumpukan utang negara, yang sudah menjadi terbesar kedua di zona Eropa.

Tanggapan komisi itu mendorong sekali lagi aksi jual di pasar Italia pada Jumat, menambah gelombang berulang penjualan di negara itu sejak pemerintah Euroskeptic mengambil alih kekuasaan pada Juni.

Kekisruhan anggaran Italia mengirim imbal hasil obligasi pemerintah Roma ke tertinggi empat tahun pada hari Jumat. Imbal hasil obligasi 10-tahun naik hampir 10 basis poin menjadi 3,77 persen, sedangkan imbal hasil obligasi 30-tahun mencapai lebih dari empat setengah tahun tertinggi 4,22 persen.

Sementara itu, yield spread antara obligasi acuan 10-tahun Italia dan Jerman naik sekitar 340 poin pada hari Jumat, mencatatkan tertinggi baru lima setengah tahun. Saham sektor perbankan yang terkenal rapuh di negara itu juga jatuh 5 persen Jumat pagi.

Apa yang sedang terjadi?

Pada hari Kamis, Komisi Eropa mengirim surat kepada menteri keuangan Italia, Giovanni Tria, memperingatkan dia bahwa rancangan anggaran 2019 tampaknya menunjukkan ketidakpatuhan yang sangat serius terhadap kewajiban kebijakan anggaran yang ditetapkan dalam aturan Eropa.

Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, juga muncul untuk memeriksa rencana anggaran Italia pada hari Kamis, dilaporkan mengatakan itu adalah tindakan yang jelas dari negara-negara anggota akan mahal untuk semua di wilayah mata uang umum. Draghi tidak menyebut Italia secara langsung.

Menanggapi Komisi Eropa, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte membela apa yang ia gambarkan sebagai rencana anggaran “indah” dan mengklaim bahwa surat Uni Eropa “tidak menimbulkan kekhawatiran.”

Mengapa para investor khawatir?

Analis khawatir tentang perselishan yang berkembang antara Uni Eropa dan Italia yang sedang berlangsung kemudian dapat berdampak pada pasar keuangan.

Dampak dari aksi jual di pasar Italia tidak hanya terbatas pada pasar Italia pada hari Jumat, dengan pasar perifer termasuk Spanyol, Portugal dan Perancis semua jatuh sekitar 0,8 persen selama perdagangan tengah pagi.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Setelah menerima surat terakhir Komisi, pemerintah Italia sekarang memiliki waktu hingga Senin untuk membalas secara resmi.

Jika setelah menerima tanggapan Italia minggu depan, Komisi masih percaya bahwa anggaran itu dalam ketidakpatuhan serius, lembaga yang berbasis di Brussels memiliki dua minggu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Sementara itu, lembaga pemeringkat kredit global termasuk S & P dan Moody’s akan melakukan tinjauan lengkap terhadap peringkat Italia pada akhir Oktober.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here