Bursa Eropa Beranjak Naik Terbantu Positifnya Laporan Laba Emiten

760

(Vibiznews – Index) Bursa Saham di Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Senin (22/10) dengan investor mencermati laporan positif laba emiten dan sentimen rebound setelah kerugian pekan lalu.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,88 persen dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Saham otomotif, bank dan saham teknologi adalah yang terbaik, naik lebih dari 1 persen.

Indeks FTSE Inggris bergerak naik 0,87 persen. Indeks DAX Jerman menguat 0,75 persen. Indeks CAC Perancis naik 0.47 persen.

Melihat di seluruh patokan Eropa, Fiat memimpin kenaikan hingga lebih dari 7 persen. Ini menyusul berita bahwa perusahaan telah setuju untuk menjual unit Magneti Marelli ke perusahaan Jepang seharga $ 7,1 miliar, lapor Reuters. Di ujung lain adalah Philips, saham turun lebih dari 5 persen, setelah ekspektasi analis meleset dengan hasil kuartal ketiga.

Fokus pasar kebanyakan pada pendapatan perusahaan dengan beberapa saham besar mengumumkan hasil terbaru mereka. Saham Ryanair naik 3 persen meski melaporkan laba yang lebih rendah dari perkiraan pada kuartal kedua tahun fiskal. Maskapai ini juga mengumumkan kemajuan signifikan dengan karyawan untuk mencegah pemogokan dan investasi lebih lanjut untuk memastikan keberangkatan tepat waktu.

Saham Italia melihat reli lega Senin pagi setelah peringkat diturunkan oleh Moody relatif tidak berbahaya. Saham di bank-bank Italia naik dan imbal hasil utang Italia turun setelah Moody menurunkan peringkat Italia satu tingkat, seperti yang diharapkan, dan memberikan pandangan “stabil”. UniCredit naik 3 persen. Italia dilaporkan memperkirakan Komisi Eropa untuk menolak rancangan anggarannya pada hari Selasa dan meminta rancangan anggaran baru, mengingat peningkatan yang direncanakan dalam belanja publik, Reuters melaporkan mengutip sumber pemerintah.

Pada hari Senin, Perdana Menteri Theresa May akan membahas House of Commons untuk menanyainya tentang perkembangan Brexit terbaru. Dia cenderung memberitahu anggota parlemen bahwa 95 persen dari Perjanjian Penarikan telah siap.

Di Asia, saham China rally sebanyak 4 persen di belakang berita bahwa pihak berwenang mengambil langkah untuk mendukung pasar. Ini menyusul angka pertumbuhan yang lebih lemah minggu lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik dengan hasil positif laporan laba emiten. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang dapat mempengaruhi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here