Bursa Eropa Ditutup Terendah Sejak 2016, Jerman Terburuk

696

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa ditutup anjlok ke level terendah dalam hampir dua tahun pada Selasa, karena ketegangan diplomatik di Arab Saudi, kekhawatiran atas Anggaran Italia dan pembicaraan Brexit yang sedang berlangsung yang kesemuanya menekan pasar global.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun lebih dari 1,1 persen persen selama transaksi sore awal, tergelincir ke level terendah sejak Desember 2016. Indeks DAX Jerman memimpin kerugian di antara bursa-bursa utama Eropa, tergelincir hampir 2 persen.

Saham teknologi Eropa adalah yang terburuk pada Selasa pagi, jatuh lebih dari 3,6 persen di tengah rilis laporan kinerja keuangan perusahaan. Saham pembuat chip Austria AMS jatuh 24 persen setelah prospek perusahaan untuk tiga bulan terakhir tahun ini gagal meyakinkan investor. Pada hari Senin, AMS melaporkan peningkatan 49 persen laba kuartal ketiga dan memberikan perkiraan yang optimis untuk periode akhir.

Finlandia Wartsila membukukan laba kuartalan lebih lemah dari perkiraan pada hari Selasa, mengutip lemahnya permintaan untuk bisnis layanannya. Saham teknologi kapal dan pembuat pembangkit tenaga listrik turun hampir 8 persen di tengah berita.

Sementara itu, harga saham Travis Perkins dari Inggris melonjak 3 persen, menuju puncak patokan Eropa setelah mengatakan kinerja setahun penuh itu sejalan dengan harapan. Pemasok terbesar bahan bangunan di Inggris ini mengatakan permintaan yang kuat dari pembeli perdagangan mengimbangi tekanan di area lain dalam bisnisnya.

Fokus pasar sebagian besar tertuju pada berita tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Turki awal bulan ini. Presiden Donald Trump mengatakan Senin bahwa dia tidak puas dengan apa yang dia dengar dari Arab Saudi, di tengah tekanan internasional yang semakin kuat untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada Khashoggi.

Para pejabat Turki mengatakan kepada The New York Times bahwa mereka memiliki bukti audio yang membuktikan Khashoggi disiksa, dibunuh dan kemudian dipotong-potong oleh agen-agen rahasia Saudi. Pangeran Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, membantah terlibat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia akan merilis informasi tentang penyelidikan dalam pidatonya. Para investor cenderung memantau setiap pengumuman tentang Khashoggi sebagai tanda ketidakstabilan di Arab Saudi – pengekspor minyak utama dunia dan investor besar di pasar keuangan – bisa memiliki dampak yang luas.

Di Asia, indeks MSCI Asia Pasifik, kecuali Jepang, turun lebih dari 1,3 persen pada hari Selasa.Pelemahan datang ke pasar Asia Pasifik setelah kinerja buruk para emiten melanda Wall Street di sesi sebelumnya.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here