Dolar AS Masih di Posisi Tertinggi 10 Minggu Menjelang Rilis PDB Q3 AS

1304

(Vibiznews – Forex) Dolar AS bergerak di dekat level tertinggi 10-minggu pada Jumat (26/10) dengan investor menantikan rilis angka pertumbuhan ekonomi AS malam nanti.

Presiden AS Donald Trump telah menyatakan ketidaksenangan atas kekuatan dolar, menentang kebiasaan yang dilarang presiden AS secara terbuka mengganggu di pasar keuangan.

Pedagang memperkirakan pembacaan kuat data produk domestik bruto AS pada hari Jumat yang bisa melihat dolar naik lebih jauh.

Spekulasi bahwa suku bunga AS akan ditingkatkan lebih agresif daripada yang diperkirakan tahun depan akan melihat dolar menguat terhadap euro.

Namun jika pembacaan lebih rendah dari ekspektasi, investor dapat khawatir tentang momentum pertumbuhan ekonomi mempercepat perubahan jalur pengetatan moneter Federal Reserve.

Perekonomian AS diperkirakan akan tumbuh pada tingkat tahunan 3,3 persen pada kuartal ketiga, setelah 4,2 persen pada kuartal kedua. The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Desember.

Euro, sementara itu, diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada $ 1,1383 pada hari Jumat. Ini mencapai terendah dua bulan dari $ 1,1353 pada sesi sebelumnya, menyusul kegagalan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi untuk meyakinkan pedagang bahwa ECB dapat mengejar pengetatan moneter setelah musim panas mendatang karena ketidakpastian politik dan ekonomi tumbuh.

Panduan kebijakan telah konsisten sejak Juni, meskipun prospek ekonomi telah suram karena gejolak politik tentang Italia membayangi blok satu mata uang ini.

Analis mengatakan pasar tetap skeptis tentang suku bunga ECB mengingat inflasi tetap hangat.

Di tempat lain, rebound saham AS pada Kamis setelah aksi jual besar sesi sebelumnya tidak berlanjut ke hari Asia, yang memberikan dukungan untuk mata uang safe haven.

Dolar AS kehilangan 0,2 persen menjadi 112,14 versus yen Jepang, mata uang safe haven, sementara dolar Australia, sering dilihat sebagai ukuran risk appetite, mencapai terendah dalam 33 bulan.

Indeks dolar diperdagangkan datar di 96,56 pada hari Jumat, setelah mencapai tertinggi dua bulan pada hari Kamis. Kenaikan indeks dolar sebagian besar karena kerugian dalam Euro, yang memiliki 57,6 persen pembobotan dalam indeks.

Dolar telah didukung oleh sentimen positif di Wall Street baru-baru ini karena saham-saham blue-chip seperti Microsoft memberikan laba yang kuat.

Analis melihat banyak risiko yang bertahan untuk pasar, termasuk ketegangan perdagangan, kesengsaraan anggaran Italia, ketidakpastian geopolitik dan kekhawatiran tentang laba perusahaan AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan bergerak lemah jika data GDP Growth Rate QoQ Adv Q3 terealisir turun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here