Pasar Eropa Dibuka Melemah, Investor Tunggu Kinerja Perbankan

764

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa dibuka lebih rendah Jumat pagi, melacak kerugian semalam di Asia karena kecemasan atas prospek laba perusahaan AS yang meningkatkan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global.

Stoxx 600 pan-Eropa turun sekitar 0,6 persen sesaat setelah bel pembukaan, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah positif.

Fokus pasar sebagian besar disesuaikan dengan batch hasil pendapatan lainnya pada hari Jumat, setelah minggu perdagangan yang penuh gejolak di seluruh dunia.

Pasar keuangan telah terpukul keras oleh berbagai kekhawatiran, termasuk perang perdagangan AS-China, pelemahan dalam mata uang negara berkembang, meningkatnya biaya pinjaman dan imbal hasil obligasi dan kekhawatiran ekonomi di Italia.

Di Asia, saham jatuh ke posisi terendah 20-bulan pada hari Jumat. Indeks MSCI Asia Pasifik, kecuali Jepang, turun 1 persen. Kerugian itu terjadi meskipun adanya penguatan di Wall Street semalam, meskipun Amazon dan Alphabet Inc keduanya turun tajam setelah bel penutupan menyusul hasil kuartalan yang mengecewakan.

Kembali ke Eropa, investor cenderung memantau secara ketat kinerja hasil kuartal ketiga dari Royal Bank of Scotland, Caixa Bank dan LafargeHolcim pada Jumat pagi.

Bank sentral Rusia akan mengumumkan apakah suku bunga akan berubah sekitar pukul 11:30 pagi waktu London.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here