(Vibiznews – Index)-  Perdagangan saham kawasan Eropa  di buka mixed pada hari Senin (05/11), dan berjalannya pasar indeks turun kembali mengikuti kerugian yang dialami perdagangan saham kawasan Asia. Sentimen yang mempengaruhi indeks datang dari perhatian investor terhadap beberapa peristiwa politik di kawasan Eropa dan juga AS.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 flat, dengan pergerakan semua sektor perdagangan mixed. Terpantau indeks bursa Inggris FTSE 100 turun 0,17% ke posisi 7083.12 , sedangkan bursa Jerman dengan indeks  DAX  turun 0,03% ke posisi 11515.92 dan bursa saham Perancis naik dengan indeks CAC turun 0,03% ke posisi 5102.97.

Indeks CAC sempat dibuka positif hiraukan kerugian yang ada di bursa Asia, namun terpangkas kembali oleh sentimen pasar akan optimisme kesepakatan perdagangan AS-Cina yang memudar setelah penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengecilkan potensi kesepakatan perdagangan cepat terhadap China.  Indeks lainnya dipengaruhi sentimen pasar akan pemilihan anggota kongres AS  hari Selasa, karena hasilnya akan memberikan partai Demokrat yang merupakan oposisi mendapat kesempatan untuk lebih efektif menentang agenda Presiden Donald Trump. Selain itu di Inggris pasar merespon laporan bahwa Perdana Menteri Theresa May telah mendapatkan perjanjian rahasia Brexit untuk mempertahankan U.K. dalam serikat pabean.

Sebagai informasi, perdagangan saham Eropa akhir pekan lalu ditutup mixed dengan indeks  pan-Eropa Stoxx berakhir naik 0,3 persen dengan indeks DAX Jerman naik 0,4 persen dan indeks CAC 40 Perancis naik tipis 0,3 persen sementara FTSE Inggris melemah 0,3 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here