Euro Rebound dari Terendah 16 Bulan

684

(Vibiznews – Forex) Euro rebound dari terendah 16-bulan pada Selasa (13/11) karena jeda dalam reli dolar mendorong beberapa investor untuk membeli mata uang tunggal, meskipun kekhawatiran tentang proposal anggaran Italia dan negosiasi Brexit kemungkinan akan membatasi kenaikan.

Selasa adalah tenggat waktu bagi Italia untuk mengajukan kembali proposal anggarannya ke Uni Eropa setelah konfrontasi antara Roma dan Brussels mengenai rencana pengeluaran pemerintah yang telah mengguncang pasar obligasi dan membebani mata uang tunggal.

Kemajuan pembicaraan Brexit dengan Uni Eropa telah menjadi sumber ketidakpastian lain untuk euro dan pound Inggris. Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan pada hari Senin bahwa masih ada banyak masalah yang belum terselesaikan karena kedua belah pihak mendekati “endgame” dalam negosiasi untuk kepergian Inggris dari blok tersebut.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa kecuali ada kemajuan dramatis pada akhir hari Rabu, kemungkinan tidak akan ada pertemuan puncak bulan ini untuk menyetujui kesepakatan Brexit.

Terhadap dolar, euro naik 0,1 persen lebih tinggi pada $ 1,1229, di atas rendah pada Juni 2017 dari $ 1,1216. Ini telah jatuh hampir 7 persen sejauh tahun ini, lebih dari separuh keuntungannya dari tahun lalu.

Sebuah reli semalam dalam dolar terhenti, dengan dolar AS merayap sedikit lebih rendah ke 97.628 terhadap indeks saingannya. Ini telah mencapai 97,70 di sesi sebelumnya, tertinggi sejak Juni 2017.

Federal Reserve AS diperkirakan menaikkan suku sebesar 25 basis poin pada bulan Desember, dengan dua kenaikan lagi untuk diikuti pada pertengahan 2019 karena tekanan upah membangun ekonomi yang sedang booming, sementara Bank Sentral Eropa berencana untuk mengakhiri skema pembelian obligasi pada akhir- 2018.

Yen Jepang diperdagangkan di 113,99 pada hari Selasa, karena dolar AS naik 0,1 persen terhadap yen. Yen menyentuh level terendah enam minggu di 114,20 pada hari Senin.

 

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here