Pertumbuhan Ekonomi Q3 Zona Eropa Terlemah 4 Tahun

772

(Vibiznews – Economy & Business) Perekonomian Zona Eropa tumbuh pada laju paling lambat dalam empat tahun pada kuartal ketiga 2018, sementara pertumbuhan pekerjaan juga berkurang selama periode tersebut, demikian data yang dirilis pada hari Rabu (14/11).

Produk domestik bruto (PDB) zona Eropa tumbuh 0,2 persen dalam periode Juli-September, Eurostat melaporkan, mengkonfirmasi perkiraan awal sebelumnya dari 30 Oktober. Ini adalah tingkat pertumbuhan ekonomi paling lambat sejak kuartal kedua 2014.

Perekonomian Jerman, zona Eropa terbesar, neatif 0,2 persen, Prancis menguat 0,4 persen, sementara Italia tidak berubah di kuartal ini.

Eurostat juga menegaskan bahwa tingkat pertumbuhan PDB tahun-ke-tahun adalah 1,7 persen, level terendah sejak kuartal keempat tahun 2014.

Eurostat juga merilis untuk perkiraan flash pertama kalinya untuk pekerjaan. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan lapangan kerja menurun pada kuartal ketiga dari yang kedua.

Jumlah orang yang bekerja di zona Eropa meningkat 0,2 persen kuartal ke kuartal dan sebesar 1,3 persen tahun ke tahun, dibandingkan dengan tingkat 0,4 dan 1,5 persen masing-masing pada kuartal kedua.

Produksi industri pada bulan September, bulan terakhir dari kuartal ketiga, juga lemah, menurun 0,3 persen bulan ke bulan. Tingkat tahun-ke-tahun adalah peningkatan 0,9 persen.

Produksi menurun untuk energi dan barang-barang konsumen tahan lama baik bulan ke bulan dan tahun ke tahun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here