Bursa Asia Merosot Imbas Tekanan Politik Dari Inggris Dan Pasar Global

1066

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Asia merosot di awal pada hari Jumat setelah kinerja keuangan yang mengecewakan dari produsen chip AS Nvidia Corp yang menekan harga sahamnya dan mengirim riak ke sektor teknologi.

Pound Inggris juga melemah setelah serangan kekacauan politik yang mengipasi kekhawatiran negara itu, karena tidak mungkin bisa keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan perceraian.

Saham Asia telah mulai menguat setelah harapan untuk mencairnya hubungan perdagangan China-AS, memberi Wall Street perangsang, tetapi hampir 17 persen terjun karena anjloknya harga saham Nvidia.

Harga saham yang juga anjlok setelah jam perdagangan adalah saham Advanced Micro Devices dan Intel.

Kerugian dalam saham semi-konduktor menyeret Nikkei Jepang turun 0,2 persen, sementara indeks Nasdaq di bursa berjangka turun 0,6 persen.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang menghapus kenaikan awal untuk menjadi flat, kemudian naik 0,1 persen.

Sterling telah menjadi pusat perhatian semalam setelah sejumlah besar pengunduran diri mengguncang pemerintahan Perdana Menteri Theresa May dan melemparkan keraguan atas keberhasilan perjanjian Brexit yang ditunggu-tunggu.

Pound mengalami kerugian satu hari terbesar terhadap euro sejak Oktober 2016 dan terakhir di 88,60 pence. Terhadap dolar, berada di $ 1,2780 setelah turun 1,6 persen semalam.

Kemerosotan dalam sterling mengangkat dolar terhadap sekeranjang mata uang ke 96.976, bahkan saat euro menguatkan sentuhan ke $ 1,1333.

Di pasar komoditas, emas naik sedikit di $ 1,214.30.
Harga minyak kembali sedikit tenang setelah kekalahan baru-baru ini, dibantu oleh penurunan stok bahan bakar AS dan kemungkinan pemotongan output OPEC.

Minyak mentah AS diperdagangkan naik 39 sen menjadi $ 56,85, sementara minyak mentah Brent naik 48 sen menjadi $ 67,10 per barel.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here