Pertemuan Trump-Jinping di Argentina Menjadi Fokus Pasar

924

(Vibiznews – Economy & Business) Investor dan para pemimpin dunia akan terfokus pada pertemuan mendatang antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di Argentina.

Pertemuan G-20 negara-negara maju di dunia berlangsung di Buenos Aires dari 30 November hingga 1 Desember.

Analis menyatakan Trump akan menjadi sedikit lebih keras terhadap China dibandingkan dengan Meksiko dan Kanada.

Trump mengkritik Meksiko dan Kanada selama berbulan-bulan, mengklaim mereka mengambil keuntungan dari perusahaan AS melalui perdagangan, tetapi ketiga negara mencapai kesepakatan trilateral baru pada akhir September untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara.

Pendekatan ke China berbeda. Trump telah berulang kali menyerang negara itu karena mencuri kekayaan intelektual, menciptakan hambatan bagi perusahaan-perusahaan Amerika yang mencoba beroperasi di China, dan untuk ketidakseimbangan perdagangan besar antara kedua negara.

Perbedaan antara dua ekonomi terbesar dunia itu diperlihatkan sepenuhnya pada KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) selama akhir pekan, yang mengakibatkan kegagalan kelompok untuk menyetujui komunike bersama untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Analis juga mengatakan dia tidak terkejut tidak ada perkembangan baru antara AS dan China pada KTT APEC di Papua Nugini. Dia menyebut G-20 “forum yang lebih baik” untuk membahas masalah-masalah seperti itu.

Di Buenos Aires, kedua presiden diharapkan bertemu satu sama lain dengan agenda perdagangan tingkat tinggi. Ketegangan antara kedua negara telah mendominasi berita utama ekonomi tahun ini, dengan kedua pihak memberlakukan tarif pada produk masing-masing.

Perjuangan perdagangan telah menghasilkan Dana Moneter Internasional menurunkan prospek pertumbuhan global untuk tahun ini dan tahun depan. Kelompok perbankan Amerika Citi mengatakan beberapa klien terbesarnya telah membuat rencana untuk mengalihkan unsur-unsur rantai pasokan mereka untuk menghindari tarif tambahan tersebut, karena mereka memperkirakan negosiasi antara AS dan China akan berlangsung lebih dari setahun.

Kekhawatiran bahwa ketegangan AS-Cina dapat menghambat pertumbuhan juga telah mengguncang pasar global. Hannah Anderson, ahli strategi pasar global di J.P. Morgan Asset Management, menyarankan investor untuk mempersiapkan celah antara dua raksasa ekonomi untuk berlarut-larut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here