Pasar Eropa Dibuka Lebih Tinggi Ditengah Gemuruh Brexit Dan Pertemuan G-20

531

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada hari Rabu, karena investor melihat adanya harapan akan hasil pertemuan G-20 yang sangat penting akhir pekan ini.

Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,46 persen sesaat setelah bel pembukaan, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Karena KTT G-20 terbaru semakin dekat, para investor terus memantau ketegangan yang mendidih antara dua ekonomi terbesar dunia. Awal pekan ini, Presiden Donald Trump mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa “sangat tidak mungkin” Washington akan menunda kenaikan tingkat tarif menjadi 25 persen pada barang-barang Cina senilai $ 200 miliar.

Namun pada hari Selasa, penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow tampaknya meredakan kekhawatiran, mengatakan pemerintah AS telah melanjutkan diskusi dengan pemerintah China “di semua tingkatan.”

Perdana Menteri Trump dan China, Xi Jinping, diperkirakan akan makan malam bersama ketika mereka bertemu di KTT G-20 di Argentina akhir pekan ini.

Berpegang pada Amerika, investor di seluruh dunia akan menunggu komentar terbaru dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell, yang dijadwalkan untuk berbicara tentang kerangka bank sentral yang mengelilingi stabilitas keuangan di sesi perdagangan nanti.

Kembali di Eropa, kekhawatiran seputar Brexit terus bergemuruh. Setelah para pemimpin dari Uni Eropa mendukung kesepakatan penarikan Brexit yang ditata oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May, investor kini mengalihkan perhatian mereka ke Parlemen Inggris yang sangat terpecah.

May sedang berusaha menggalang cukup banyak anggota parlemen untuk mendukung kesepakatan Brexit – tugas yang menakutkan mengingat kritik luas yang diterimanya. Anggota parlemen Inggris akan memberikan suara pada proposal pada 11 Desember.

Di tempat lain, ekonomi Italia cenderung dipantau secara ketat oleh para pelaku pasar. Pada hari Selasa, wakil Perdana Menteri Matteo Salvini mengatakan dia ingin mencegah tindakan disipliner Uni Eropa mengenai anggaran negara untuk tahun depan.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here