Bursa Eropa Akhir Pekan Hati-hati Meraih Keuntungan Lanjutan

1310

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa akhir pekan hari Jumat (30/11) dibuka berhati-hati dari keuntungan perdagangan sebelumnya dengan  investor menunggu pertemuan hasil penting  pemimpin AS dan China di KTT G20. Karena jika eskalasi krisis dagang AS-China gagal mencapai hasil yang berarti akan menimbulkan ketegangan perdagangan global.

Menjelang KTT, Presiden AS Donald Trump menyampaikan pesan campuran tentang hubungan perdagangan dengan China bahwa AS hampir melakukan sesuatu dengan China, namun ia menambahkan bahwa dia tidak yakin apakah bisa melaluinya.

Topik lain yang diperkirakan akan menimbulkan kegemparan di Argentina adalah bahwa Brexit  sebagai kekhawatiran atas  hubungan masa depan Inggris dengan Uni Eropa. Menjelang KTT, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan kepada wartawan bahwa dia berkonsentrasi untuk memenangkan dukungan anggota parlemen pada bulan Desember ini. Sementara itu di Eropa, perwakilan pemerintah dari Uni Eropa memutuskan untuk mendukung tindakan disipliner terhadap Italia, ketika menyangkut situasi utangnya.

Perdagangan saham di sesi Asia  bervariasi setelah data resmi menunjukkan aktivitas manufaktur China terus memburuk pada bulan November.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa pan-Eropa datar atau flat dengan berbagai sektor berjuang untuk membuat keuntungan yang jelas. Pergerakan indeks bursa Eropa terkini; Indeks  DAX Jerman turun 0,06 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,01 persen sementara FTSE 100 Inggris turun 0,17 persen.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya ditutup sebagian besar lebih tinggi, dibantu oleh hasil stress test terbaru pada bank-bank AS dan komentar dovish dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell.  Dimana indeks Eropa Stoxx Eropa 600 naik 0,2 persen dengan indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100 Inggris keduanya naik sekitar setengah persen sementara DAX Jerman berakhir sedikit lebih rendah setelah markas Deutsche Bank telah diserbu oleh jaksa dalam investigasi pencucian uang.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here