Ketidakpastian dan Harapan Menjelang KTT G20

1221

(Vibiznews – Economy & Business) Pertemuan puncak ekonomi terkemuka di dunia akan dibuka pada Jumat dengan para pemimpin yang berjuang melawan kejatuhan dari perang perdagangan AS-China yang telah mengguncang pasar global.

Pertemuan tahunan dua hari akan menjadi ujian besar bagi Kelompok 20 negara industri, yang para pemimpinnya pertama kali bertemu pada tahun 2008 untuk membantu menyelamatkan ekonomi global dari krisis keuangan terburuk dalam tujuh dekade, tetapi yang sekarang menghadapi pertanyaan terkait relevansinya dengan kesepakatan dengan putaran krisis terbaru.

Mengalangi pertemuan puncak di Buenos Aires, ibukota Argentina, adalah perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dan China, dua ekonomi terbesar dunia, yang telah mengenakan tarif ratusan miliar dolar dari impor satu sama lain.

Semua mata tertuju pada pertemuan yang direncanakan antara Trump dan Presiden China Xi Jinping pada hari Sabtu untuk melihat apakah mereka dapat menemukan cara untuk membuat kemajuan menuju penyelesaian perbedaan yang mengancam ekonomi global.

Pada malam KTT, negara-negara anggota G20 masih berlomba untuk mencapai kesepakatan tentang isu-isu utama termasuk perdagangan, migrasi dan perubahan iklim yang pada tahun-tahun sebelumnya telah dikerjakan dengan baik sebelumnya. Divisi-divisi tersebut telah menyoroti fraktur dalam pengelompokan.

Lebih jauh mengaburkan KTT adalah eskalasi konflik antara Rusia dan Ukraina – topik yang akan ada di pikiran banyak pemimpin ketika mereka melihat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ada juga pertanyaan tentang bagaimana menangani kehadiran Putra Mahkota Mohammad bin Salman yang canggung. Penguasa de facto Arab Saudi tiba di bawah kontroversi seputar pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada bulan Oktober.

Awal bulan ini, para pejabat dari negara-negara yang menghadiri pertemuan puncak Asia-Pasifik gagal menyepakati pernyataan bersama untuk pertama kalinya ketika delegasi AS, yang dipimpin oleh Wakil Presiden Mike Pence, bentrok dengan China soal perdagangan dan keamanan.

Pada bulan Mei, Trump menolak pernyataan oleh sesama pemimpin ekonomi industri G7 setelah pertemuan yang menegangkan berakhir dengan kepahitan, sekali lagi atas tarif dan perdagangan.

Sebelum menuju Buenos Aires pada hari Kamis, Trump mengatakan dia terbuka untuk kesepakatan perdagangan dengan China, tetapi menambahkan, “Saya tidak tahu bahwa saya ingin melakukannya.”

China berharap untuk “hasil positif” dalam menyelesaikan sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat, Kementerian Perdagangan mengatakan pada hari Kamis.

Perlambatan ekonomi global akan memburuk jika Trump menekan ke depan dengan rencana untuk lebih meningkatkan tarif pada beberapa $ 200 miliar impor China menjadi 25 persen, kata Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria kepada Reuters.

Sementara pertemuan Trump dengan Xi adalah pasti akan berlangsung, presiden AS pada Kamis tiba-tiba membatalkan pembicaraan yang direncanakan dengan Putin, mengutip perampasan baru-baru ini Rusia atas kapal Ukraina.

Salah satu titik terang potensial di puncak adalah penandatanganan pakta perdagangan AS-Meksiko-Kanada yang direvisi.

Tetapi sehari sebelum tiga tetangga itu akan meresmikan kesepakatan itu pada hari Jumat, para perunding masih mencoret apa sebenarnya yang akan mereka taruh nama mereka, kata para pejabat Kamis.

Ketiga negara itu sepakat secara prinsip untuk mengatur triliunan dolar mereka dalam perdagangan timbal-balik setelah setahun dan setengah dari perundingan yang kontroversial ditutup dengan tawar-menawar pada larut malam hanya satu jam sebelum tenggat waktu pada 30 September.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here