Pasar Asia Diperdagangkan Turun, Data Perdagangan China Mengecewakan

534

(Vibiznews – Index) – Saham-saham di Asia diperdagangkan lebih rendah pada Senin pagi menyusul data perdagangan China yang dirilis akhir pekan kemarin, secara signifikan lebih lemah dari perkiraan.

Nikkei 225 Jepang turun lebih dari 2 persen pada awal perdagangan sementara indeks Topix turun 1,88 persen. Saham Japan Display jatuh 9,09 persen pada pagi hari setelah perusahaan sebelumnya mengatakan tidak memiliki rencana untuk memangkas produksi panel smartphone pada bulan Desember, menyusul laporan yang mengatakan adanya rencana untuk melakukannya.

Sementara itu, Kospi Korea Selatan juga merosot 1,45 persen, dipimpin harga saham pembuat chip SK Hynix turun 2,69 persen. Dan untuk Australia, ASX 200 turun 1,71 persen pada awal perdagangan pagi untuk menyentuh posisi terendah yang tidak terlihat sejak Desember 2016, dengan hampir semua sektor mengalami kerugian.

Subindex keuangan Down Under turun 2,35 persen karena saham yang disebut Bank Big Four Australia menurun. Australia dan Selandia Baru Banking Group turun 2,76 persen dan Commonwealth Bank of Australia turun 2,6 persen. Westpac tergelincir 2,53 persen dan National Australia Bank turun 1,79 persen.

Pasar China daratan, diawasi ketat karena berlarut-larutnya perang dagang antara Beijing dan Washington, akan dibuka pada pukul 9:30 pagi HK / SIN.

China melaporkan data ekspor dan impor November yang lebih lemah dari ekspektasi, yang menunjukkan melambatnya permintaan global dan domestik dan meningkatkan kemungkinan bahwa Beijing dapat mengambil langkah lebih lanjut untuk meningkatkan pertumbuhan.

Data ekspor November naik 5,4 persen dari tahun sebelumnya, menurut data bea cukai China pada hari Sabtu, yang berada di bawah lonjakan 10 persen yang diprediksi oleh jajak pendapat Reuters. Angka itu juga merupakan kinerja terlemah sejak kontraksi 3 persen di bulan Maret. Data pabean menunjukkan bahwa pertumbuhan tahunan untuk ekspor ke semua mitra utama China melambat secara signifikan.

Pertumbuhan impor adalah 3 persen, paling lambat sejak Oktober 2016, dan sebagian kecil dari 14,5 persen yang diharapkan dalam jajak pendapat Reuters. Impor bijih besi turun untuk kedua kalinya, mencerminkan berkurangnya permintaan restocking di pabrik baja karena margin keuntungan yang sempit.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang mata uangnya, berada di 96.661 setelah menyentuh tertinggi sekitar pegangan 97.2 minggu lalu.

Yen Jepang, yang secara luas dipandang sebagai mata uang safe-haven, diperdagangkan pada 112,52 setelah melihat terendah sekitar 113,8 minggu lalu. Dolar Australia berada di $ 0,7188 setelah menyentuh tertinggi sekitar $ 0,739 pada minggu sebelumnya.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here