Theresa May Menangkan Kepercayaan Partai Konservatif; Tantangan Brexit Masih Berlanjut

840

(Vibiznews – Economy & Business) Perdana Menteri Inggris Theresa May berhasil memenangkan mosi kepercayaan dalam kepemimpinannya pada Rabu malam.

May memenangkan tantangan kepemimpinan dengan 200 suara mengalahkan 117 suara menentangnya dalam pemungutan suara anggota parlemen Konservatif.

May sebenarnya hanya memerlukan mayoritas sederhana (setidaknya 159 dari 315 anggota parlemen Konservatif) untuk memenangkan suara kepercayaan. Memenangkan suara ini berarti kepemimpinannya tidak dapat ditantang untuk satu tahun lagi.

Dalam sebuah pernyataan yang dibuat tak lama setelah pemungutan suara, May mengakui bahwa meskipun dia menang, sejumlah besar kolega partainya telah memberikan surat suara menentang kepemimpinannya.

“Sejumlah besar kolega memberikan suara menentang saya dan saya telah mendengarkan apa yang mereka katakan,” kata May kepada pers di depan 10 Downing Street seperti yang dilansir CNBC.

Perdana menteri melanjutkan dengan mengatakan bahwa sekarang saatnya untuk melanjutkan Brexit yang telah dipilih lebih banyak orang.

Pemungutan suara diumumkan hari Rabu setelah 48 anggota parlemen Konservatif (anggota parlemen) mengirimkan surat-surat tidak percaya pada kepemimpinan May kepada ketua kelompok terkemuka anggota parlemen konservatif Konservatif yang disebut ‘Komite 1922.’

Di bawah peraturan partai, jika 48 anggota parlemen Konservatif (15 persen dari partai parlementer) menyerahkan surat tidak percaya pada pemimpin partai kepada ketua Komite 1922, pemungutan suara pasti harus dilakukan.

Ketua Komite 1922, Graham Brady mengatakan, ambang batas itu dipenuhi Selasa malam dan ia menginginkan agar pemungutan suara segera diadakan.

May mengatakan Rabu pagi bahwa dia akan melawan suara “dengan semua yang saya punya.” Dia juga mengatakan bahwa pemilih Inggris ingin melihat pemerintah melanjutkan dengan Brexit, saat penarikan Inggris dari Uni Eropa (UE) terlihat semakin kacau dan tidak pasti.

Kemenangan pada hari Rabu pada dasarnya adalah penangguhan hukuman singkat untuk May dan dia memiliki perjuangan yang berat untuk meyakinkan tidak hanya anggota parlemen partainya sendiri, tetapi juga di antara oposisi, untuk mendukung kesepakatan Brexit.

Namun perjuangan belum selesai bagi Perdana Menteri Inggris Theresa May, yang sekarang ini akan berusaha untuk mencari konsesi pada kesepakatan Brexit dari anggota parlemen Eropa pada hari Kamis.

May akan menghadiri pertemuan Dewan Eropa, di mana dia diharapkan untuk mencari perubahan pada kebijakan yang dikenal sebagai backstop Irlandia. Sebuah klausul dalam perjanjian penarikan Inggris, backstop memastikan perbatasan terbuka antara Republik Irlandia (Uni Eropa) dan Irlandia Utara (Inggris Raya).

Ini pada dasarnya berarti Irlandia Utara akan tetap dalam serikat pabean Eropa sampai pakta perdagangan yang komprehensif selesai. May yang berada di bawah tekanan dari pendukung pro-Brexit yang khawatir tentang backstop yang mengikat negara mereka dengan undang-undang Eropa, sekarang melakukan upaya untuk mendapatkan apa yang digambarkannya sebagai “jaminan lebih lanjut” dari Uni Eropa.

Masalah perbatasan Irlandia telah ada sejak pembicaraan Brexit pertama dimulai 18 bulan yang lalu, tetapi baru-baru ini muncul sebagai elemen negosiasi penting yang diakui secara luas. Tampaknya Uni Eropa tidak mungkin mengubah pendiriannya tentang masalah ini.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk telah menjelaskan bahwa perjanjian Brexit saat ini, yang disetujui oleh pemimpin Uni Eropa pada akhir November, adalah satu-satunya pilihan yang resmi.

Pada pertemuan di Brussels, “ketua perunding Uni Eropa, Michel Barnier, akan menjelaskan kepada 27 pemimpin Uni Eropa mengapa tuntutan yang dibuat oleh Pemerintah Inggris akan bertentangan dengan backstop, sehingga tidak dapat disampaikan.

Setelah pertemuan Brussels, May harus memperkenalkan kembali kesepakatan Brexit di British House of Commons, yang terbagi atas masalah tersebut. Beberapa menginginkan persetujuan yang lebih lunak atau referendum kedua, sementara yang lain mencari kesepakatan Brexit yang jauh lebih sulit.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here