Saham-Saham Unggulan Wall Street Ditutup Anjlok

755

(Vibiznews – Index) – Bursa AS ditutup anjlok pada Rabu setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga acuannya dalam semalam untuk keempat kalinya tahun ini.

Dow Jones Industrial Average turun 351,98 poin dan ditutup pada level terendah untuk sepanjang tahun ini di 23.323,66, menghapus kenaikan 380 poin yang datang sebelum keputusan Fed. Indeks S & P 500 juga ditutup pada 2018 terendah, jatuh 1,5 persen menjadi berakhir pada 2,506.96 karena saham-saham teknologi dan perbankan berguling. Nasdaq Composite turun 2,1 persen menjadi 6.636,83, penutupan terendah 2018 dengan saham Apple kehilangan lebih dari 3 persen.

Bagi para pedagang, pernyataan The Fed pada konferensi pers Presiden Jerome Powell tidak menunjukkan bahwa bank sentral akan memperlambat laju kenaikan suku secepat yang diharapkan beberapa orang. Pasar bereaksi cepat selama komentar Powell yang mengindikasikan bahwa bank sentral akan terus mengurangi ukuran neracanya dalam waktu dekat ini.

Dow dan S & P 500, yang keduanya dalam koreksi, berada di jalur untuk kinerja di bulan Desember terburuk mereka sejak Depresi Besar pada tahun 1931, turun lebih dari 8 persen dan 9 persen, masing-masing di sepanjang bulan ini. Untuk sepanjang tahun 2018 ini, indeks S & P 500 sudah turun sebesar 6,3 persen.

The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan overnightnya sebesar seperempat poin pada hari Rabu ke kisaran target antara 2,25 hingga 2,5 persen. Namun The Fed memangkas outlook 2019 untuk kenaikan suku bunga menjadi hanya dua kali kenaikan dari tiga sebelumnya.

Bank sentral mengizinkan $ 50 miliar per bulan untuk menjalankan neraca, yaitu dengan melakukan pembelian obligasi dengan tujuan untuk merangsang ekonomi selama dan setelah krisis keuangan.

Harga saham di berbagai sektor jatuh setelah pengumuman the Fed. Perusahaan-perusahaan konsumen termasuk Target, Amazon, Newell Brands dan Nordstrom, semuanya turun lebih dari 3 persen. Bank-bank termasuk Citigroup dan Wells Fargo masing-masing kehilangan lebih dari 1,5 persen.

Produsen pesawat Boeing, yang memimpin Dow lebih tinggi pada awal sesi, turun 2,5 persen. Konglomerat industri 3M turun 2,3 persen sementara Steel Corp kehilangan 6 persen.

Patokan hasil obligasi Treasury 10-tahun mencapai titik terendah baru 2,798 persen, level terendah sejak 30 Mei. Obligasi 30-tahun Treasury pecah di bawah 3 persen. Pasar obligasi tampaknya percaya bahwa the Fed telah memperlambat perekonomian terlalu banyak.

Hal yang rumit lebih jauh untuk bank sentral, Presiden Donald Trump memperingatkan Selasa bahwa ia harus melangkah hati-hati agar tidak “membuat kesalahan lain.”

Ditanya tentang kritik Trump, Powell mengatakan Rabu bahwa “pertimbangan politik tidak memainkan peran apa pun dalam diskusi atau keputusan kami tentang kebijakan moneter. Kami akan selalu fokus pada misi yang telah diberikan Kongres kepada kami.”

Saham FedEx dihempas lebih dari 12 persen setelah CEO Richard Smith menyalahkan “pilihan politik yang buruk” karena kelemahan dalam bisnis luar negerinya. FedEx menurunkan panduan pendapatan 2019 dan melaporkan kelemahan dalam bisnis internasionalnya, menempatkan saham pada kecepatan untuk hari terburuknya di Wall Street dalam lebih dari satu dekade.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here