Bursa Eropa 24 Desember Bergerak Dominan Lemah

1500

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak sebagian besar lebih rendah pada Senin (24/12) setelah sesi penjualan besar di Amerika Serikat pekan lalu.

Indeks Stoxx 600 Eropa merosot 0,48 persen, dengan hampir semua sektor dan bursa utama berada di zona merah.

Indeks FTSE Inggris bergerak turun 0.60 persen. Indeks DAX Jerman bergerak naik 0.21 persen. Indks CAC Perancis bergerak turun 0.94 persen.

Melihat saham individu, perusahaan Jerman Delivery Hero adalah pemain top. Perusahaan pengiriman makanan online baru-baru ini menjual unit Jermannya ke saingan Belanda Takeaway.com dengan harga $ 1,1 miliar. Sahamnya naik 10 persen pada hari Senin.

Dalam berita perusahaan, BMW dihantam oleh pemerintah Korea Selatan dengan denda 11,2 miliar won ($ 9,96 juta) pada hari Senin, dan menghadapi keluhan karena diduga menunda penarikan dan menyembunyikan cacat yang mengakibatkan kebakaran mesin di negara itu. Saham produsen mobil Jerman hampir tidak bergerak karena berita, dan naik 0,1 persen.

Volume yang tipis kemungkinan akan meredam aktivitas perdagangan hari Senin, dengan pasar akan ditutup lebih awal menjelang liburan Natal. FTSE 100 akan ditutup pada jam 12:30 p.m., sementara pasar Eropa lainnya ditutup pada 1 p.m. waktu London.

Pada hari Jumat, saham di Amerika Serikat anjlok, dengan indeks Dow Jones Industrial Average mengalami minggu terburuk sejak krisis 2008, indeks Nasdaq menyelinap ke pasar beruang.

Pelaku pasar sebagian besar fokus pada kekhawatiran yang masih ada tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Federal Reserve pekan lalu menaikkan suku bunga untuk keempat kalinya tahun ini pada pertemuan kebijakan moneter terbarunya, seperti yang diperkirakan, tetapi bank sentral AS kurang dovish daripada yang diantisipasi banyak pedagang. Beberapa khawatir mungkin kebijakan pengetatan terlalu cepat.

Sementara itu, politik di Amerika Serikat akan menjadi area fokus lain bagi para pedagang, dengan pemerintah menghadapi penutupan sebagian yang kemungkinan akan berlangsung hingga setidaknya 27 Desember, menurut Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi mixed dengan belum adanya sentimen penggerak besar menjelang akhir tahun ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here